Kejari Manado musnahkan ratusan gram narkoba

Christo Senduk
Penulis Christo Senduk



MANADO, ZONAUTARA.comBarang bukti dari ratusan kasus tindak pidana yang telah berkekuatan tetap dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado, Kamis (14/12/2018).

Barang bukti yang dimusnahkan, yakni jenis sabu-sabu seberat 114,96 gram, 221,52 gram ganja, minuman beralkohol (minol) tanpa dilengkapi cukai 2.000 botol, 22 senjata tajam (sajam), dan 86.420 butir obat keras.

Pemusnahan pun dilakukan dengan cara yang berbeda-beda. Di mana, obat-obat keras dimusnahkan dengan cara dibakar, narkoba diblender, minol dilindas alat berat dan senjata tajam (sajam) dipotong menggunakan alat.

Pemusnahan barang bukti itu dihadiri sejumlah pejabat di instansi terkait, antara lain Pengadilan Negeri (PN) Manado, Polresta Manado, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Manado, Bea Cukai Manado, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Manado, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Manado, dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Manado. Mereka kompak melakukan pemusnahan dengan membakar barang bukti.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Manado Maryono mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan ini beberapa macam.

“Ada minuman beralkohol berasal dari pihak Bea Cukai, minuman tersebut tidak dilengkapi dengan cukai. Ada senjata tajam dan narkotika jenis ganja dan sabu-sabu, kemudian ada juga obat-obat keras,” kata kajari saat diwawancarai wartawan disela-sela pemusnahan barang kuti.

Dia menegaskan, babuk yang telah dimusnahkan ini telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

“Barang bukti ini dari periode Januari sampai November 2018. Narkoba jenis sabu-sabu seberat 114,96 gram, 221,52 gram ganja, minuman beralkohol tanpa dilengkapi cukai 2.000 botol, 22 sajam, dan 86.420 butir obat keras,” ungkap Maryono.

“Pada prinsipnya pemusnahan barang bukti ini sebagai bentuk untuk memerangi narkoba. Ayo kita perangi narkoba, dan jauhi narkoba,” ujar Maryono. (K-02)

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
Penulis Christo Senduk
Editor
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com