bar-merah

Anak kecil ini telan peluit, dokter berhasil mengeluarkannya

zonautara.com
Asep Yaya, si bocah telan peluit. [Foto: Suara.com/Hendri Barnabas]

ZONAUTARA.com – Tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung berhasil mengeluarkan sebuah peluit dari bronkus seorang bocah berusia 9 tahun.

Bocah itu bernama Asep Yaya asal Kamping Cimalang, Desa Girimukti, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Kini Asep sudah keluar dari rumah sakit pada Jumat (21/12/2018) kemarin.

Dokter sudah mengijinkannya pulang karena kondisi Asep baik.

Asep sebelumnya tanpa sengaja menelan sebuah peluit berukuran 3 cm. Peluit itu bersarang di saluran pernafasannya selama dua bulan, sebelum dokter mengeluarkannya dengan teknik endoskopi.

Benda yang terbuat dari plastik itu berasal dari sandal bunyi. Saat kejadian, Asep tengah bermain dengan peluit itu. Dia terjauh saat digendong oleh saudaranya dari belakang. Asep tersedak dan tak sengaja menelan peluit yang sedang ada di dalam mulutnya.

Dari pemeriksaan dokter, peluit itu bersarang di bronkus Asep di kedalaman 18 cm pada percabangan utama dari bronkus kiri. Beruntung peluit itu tidak sampai menutup saluran pernafasannya.

Dokter Telinga Hidung Tenggorokan RSHS Bandung Ayu Harianty Saputri yang saat itu mendampingi Asep mengatakan bahwa Asep dalam keadaan sehat dan baik dari sebelumnya.

Sebelum pulang, tim dokter mengingatkan orang tua Asep untuk lebih berhati-hati memperhatikan anak-anaknya.

Setelah kejadian itu, Asep sempat sebulan tidak bersekolah. Dia merasa malu karena sering diejek teman-temannya. Pasalnya bocah yang duduk di kelas lima SD ini setiap bernafas terengah-terengah, akan mengeluarkan bunyi peluit.

Kini Asep tak sabar bersekolah kembali.

Dari berbagai sumber

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com