Connect with us

ZONA DAERAH

Pelayanan publik di Kota Tomohon tidak buruk

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Upaya peningkatan pelayanan publik yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon di bawah kepemimpinan Jimmy F Eman membuahkan hasil .

Dari penilaian Ombudsman Republik Indonesia, pelayanan public di Kota Tomohon sudah membaik meski belum mencapai angka signifikan, dengan kata lain tidak buruk.

Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara Helda Tirajoh saat menyerahkan hasil penilaian Ombudsman terhadap pelayanan publik di Kota Tomohon tahun 2018 mengatakan, Tomohon berada di angka 67,17 dari 55 produk layanan administrasi atau berada di zona kuning.

“Pelayanan publik di Kota Tomohon sudah terbilang baik. Tapi, yang harus ditambah adalah harus memiliki standar,” kata Tirajoh, Selasa (15/1/2019),.

Menurut Tirajoh, penilaian yang mereka lakulan sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Ini menyangkut pernilaian kepatuhan dan dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2015. Nah, Kota Tomohon baru dinilai tahun 2018. Namun patut bersyukur karena berada doi zona kuning,” ujarnya.

Pelayanan publik di zona merah lanjutnya, masuk kategori buruk dan berpotensi terjadinya korupsi. Di Sulut sendiri tambah Tirajoh, untuk tahun 2018 ada dua yang memperoleh nilai baik atau berada di zona hijau yakni Provinsi Sulut dan Kota Manado. Sebagian kecil termasuk Kota Tomohon doi zona kuning dan terbanyak berada di zona merah atau buruk. Dengan demikian, daerah-daerah yang berada di zona merah masuk kategori tidak patuh.

“Jika terjadi berulang-ulang, tentunya akan ada tindakan bagi yang berada di zona merah,” tukasnya.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman usai meneirma hasil mengatakan, tentunya ini menjadi acuan bagi Pemkot Tomohon untuk terus berbenah.

“Sudah menjadi komitmen kami Pemerinmtah Kota Tomohon untuk mengoreksi semua yang kurang sehingga menjadi lebih baik. Jadi, kepala SKPD yang belum memberikan pelayanan optimal menjadi penilaian kami dan dalam waktu dekat ini akan dilakukan penyeragaran atau rolling pejabat,” tukasnya.

Hadir dalam penyerahan nilai Ombudsman, Sekretaris Kota Tomohon Ir Harld V Lolowang serta seluruh pejabat eselon II dan eselon III di lingkup Pemkot Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Wali Kota Eman jajal Sirkuit Puncak Wawo

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comJemaat GMIM Imanuel Walian Wilayah Tomohon Tiga menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) 2019 Speed Offroad and Grasstrack ‘Imanuel’ Walian yang bergulir sejak Kamis (19/7/2019).

Kejurda yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-151 Jemaat GMIM Imanuel Walian dengan memperebutkan Piala Wali Kota Tomohon dan Ketua DPRD ini pun dilaksanakan di Sirkuit Puncak Wawo, Kecamatan Tomohon Selatan.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman pun membuka kegiatan tersebut secara resmi. Bahkan, usai membuka kegiatan Eman pun turut menjajal sirkuit tersebut.

Dalam sambutannya, Eman mengatakan, selaku pemerintah, pihaknya mendukung penuh kegiatan. Kegiatan tersebut, kata Eman, diharapkan boleh menjadi kegiatan yang bermakna dan memberikan dampak positif bagi pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon.

Menurut Eman, kegiatan ini diharapkan akan memberi dampak dalam bidang pariwisata, karena bisa juga menjadi kegiatan tambahan dalam iven besar Pemkot Tomohon.

“Semoga ke depan akan menjadi program olahraga wisata di Kota Tomohon. Bagi peserta kiranya tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan selama berkompetisi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia Miky Wenur menjelaskan, kegiatan ini merupakan yang pertama dilaksanakan di Kota Tomohon.

Ketua Panitia Pelaksana Tomy Kaunang mengatakan, peserta kegiatan untuk mobil ada lebih dari seratus peserta. Begitu pun, kata dia, dengan peserta motor.

“Kegiatan ini diikuti para pembalap dari berbagai daerah, di dalamnya para pembalap papan atas yang sudah dikenal di daerah dan nasional,” jelasnya.

Hadir dalam pembukaan kegiatan, jajaran pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulawesi Utara, perangkat Pelayan Jemaat GMIM Imanuel Walian dan jajaran Pemkot Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com