Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Bawaslu Minsel tertibkan APK secara persuasif

Published

on

MINSEL, ZONAUTARA.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), melaksanakan kegiatan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK), yang terdiri dari baliho calon legislatif (caleg), maupun bendera partai, di sepanjang jalur Trans Sulawesi, Kamis (31/1/2019).

Komisioner Bawaslu Minsel Franny Sengkey, saat ditemui Zona Utara di lokasi tim penertiban menjelaskan, bahwa penertiban tersebut berlangsung mulai dari Desa Munte Kecamatan Tumpaan, hingga Kecamatan Sinonsayang.

“Untuk itu, tim dibagi menjadi dua. Yang satu memulainya dari Sinonsayang, sedangkan tim yang lain mulai dari Desa Munte dan menyusur sepanjang jalur Trans Sulawesi, “ ujar Sengkey.

Dia menjelaskan, bahwa jauh sebelum dilaksanakannya penertiban ini, pihaknya sudah memonitor, serta merekam bahwa ada sekitar 400-an pelanggaran pemasangan APK.

Atas temuan ini, kata dia, pihaknya langsung berkoordonasi dengan KPU, dan memberitahukan tentang adanya partai politik yang melakukan pelanggaran pemasangan APK.

Menurut dia, pihaknya pun sudah menyurat ke partai yang memasang APK, di kawasan-kawasan terlarang.

“Jadi, kegiatan ini merupakan aksi yang terakhir dalam bentuk eksekusi penertiban yang dilakukan secara bersama, namun sifatnya persuasif,” ujar Sengkey.

Dia menjelaskan, APK yang terpasang di area tak berpenghuni, tetap diangkat dengan harapan pemiliknya akan datang mengambil kembali, namun harus tanda tangani berita acara untuk pemasangan di tempat yang tidak melanggar aturan.

Untuk penertiban lanjutan, kata dia, akan dilaksanakan pekan depan.

“Hari ini (kemarin) penertiban yang dilaksanakan kedua tim terpadu ini baru mencakup Kecamatan Sinonsayang, Tenga, Tumpaan serta sebagian Amurang Timur,” kata Sengkey.

Dia berharap, setiap partai politik peserta Pemilu, bisa merapikan sendiri APK mereka, sehingga tidak terkena penertiban berikutnya.

Pantauan Zona Utara, puluhan APK berupa baliho dan bendera partai dibawa ke kantor Bawaslu Minsel oleh tim gabungan yang terdiri dari Bawaslu, Polri, TNI, Sat Pol PP, Kesbangpol, serta Dinas Perhubungan Minsel.

Editor : Christo Senduk

Advertisement Hosting Unlimited Indonesia
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Upacara Harkitnas Kantor SAR Manado berlangsung khidmat

Published

on

Upacara Harkitnas di kantor SAR Manado. (Foto: Humas SAR Manado)

MINUT, ZONAUTARA.comKantor Pencarian dan Pertolongan Manado atau SAR Manado menggelar upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di lapangan halaman kantor SAR Manado, Senin (20/5/2019).

Upacara yang dipimpin langsung Kepala Kantor SAR Manado Gede Darmada ini pun berlangsung khidmat dan aman.

Dalam kesempatan tersebut, Gede Darmada membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Jajaran kantor SAR Manado usai upacara Harkitnas. (Foto: Humas SAR Manado)

Dia mengatakan, peringatan Harkitnas yang ke-111 kali ini bertepatan dengan situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat.

“Walau pilihan berbeda-beda, namun semua pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dengan disematkan tema ‘Bangkit Untuk Bersatu’, seluruh elemen bangsa harus bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hadir dalam upacara tersebut Kepala Sub Bagian Umum Ludi Yanto, Kepala Seksi Operasi Jandry Paendong, Kepala Seksi Sumber Daya SAR Bayu Artiyoso Mandiri, serta seluruh pegawai, staf dan rescuer.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending