Tali Tanah – Seri permainan anak tradisional Sulawesi Utara

ZONAUTARA.com – Setiap daerah di Nusantara punya kekayaan tradisi dan budaya. Termasuk kekayaan dalam permainan anak yang lahir dari kekhasan daerah dan ciri masyarakatnya.

Begitu pula dengan Sulawesi Utara sebagai tempat berdiamnya beberapa etnis asli seperti etnis Sangihe Talaud, etnis Minahasa, dan etnis Bolaang Mongonoduw.

Wilayah ini punya beberapa jenis permainan anak tradisional, yang walaupun dalam beberapa hal mirip dengan daerah lain di Nusantara.

Kemajuan teknologi dan modernisasi memang telah meminggirkan permainan anak tradisional dan menggantinya dengan permainan elektronik. Padahal permainan anak tradisional sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan dan budi pekerti serta tumbuh kembang anak.

Zonautara.com mencoba merangkum berbagai permainan anak tradisional tersebut dalam Liputan Khas Seri Permainan Anak Tradisional Sulawesi Utara, yang diturunkan secara berseri lengkap dengan videonya.

Tali Tanah

Permainan anak tali tanah atau juga dikenal dengan sebutan tali koko bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun anak perempuan.

Di daerah lain permainan ini diberi nama gobak sodor, sodoran atau galah asin. Ada dua tim atau kelompok yang terlibat dalam permainan tali tanah.

Satu tim akan menjadi tim penjaga garis batas dan satu tim lainnya akan menjadi penembus benteng. Tiap tim biasanya terdiri dari empat hingga enam orang anak.

Setiap anggota tim penembus akan berusaha untuk menembus penjagaan yang dilakukan oleh tim penjaga garis hingga ke belakang arena permainan.

Tim penjaga garis akan berusaha untuk mencegah setiap anggota tim penembus agar tidak bisa melewati garis batas yang sudah dibuat, dengan cara berusaha menyentuh badan para penembus.

Jika badan salah satu anggota penembus tersentuh maka posisi tim bergantian, begitu seterusnya hingga waktu yang disepakati berakhir.

Permainan ini menuntut gerak gesit dari setiap anggota tim dan kerjasama dalam menembus atau mempertahankan benteng. Motorik anak-anak dilatih dalam permainan tali tanah.

Dodorobe – Seri permainan anak tradisional Sulawesi Utara

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com