Connect with us

HEADLINE

Tidak semua SMP di Manado punya fasilitas penunjang UNBK

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat semakin dekat.

Namun belum semua SMP/MTs di Kota Manado yang memiliki fasilitas penunjang UNBK, berupa peralatan komputer dengan jaringannya.

Dinukil dari channel Manado Bacarita – Kumparan.com, hanya ada lima SMP negeri saja yang siap melaksanakan UNBK secara mandiri.

Kelima sekolah negeri itu yakni SMK Negeri 1, SMP Negeri 8, SMP Negeri 10, SMP Negeri 12 dan SMP Negeri 13.

“Mereka akan menggunakan gedung dan alat milik sendiri. Sementara yang lain akan bergabung,” kata Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Manado, Jongke Mogontha, Senin (19/3/2019).

Pada tahun 2019 ini, seluruh SMP sudah harus mengikuti UNBK meski bagi yang belum punya peralatan sendiri harus bergabung dengan sekolah lain.

Ada sebanyak 3.690 siswa SMP/MTs di Manado yang akan mengikuti UNBK sesuai jadwal pada 23 hingga 26 April mendatang.

Berbeda dengan data dari situs Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, SMP negeri di Manado yang mempunyai komputer server dan client untuk UNBK ada sebanyak 7 sekolah.

Selain yang disebutkan diatas, ada pula SMP Negeri 6 dan SMP Negeri 7. Sementara beberapa sekolah swasta juga punya peralatan sendiri.

Diantara sekolah swasta, yang disebut di data itu yakni SMP Kristen Eben Haezar, SMP Dian Harapan, SMP Katolik Pax Christi, SMP Katolik Don Bosco, SMP Muhammadiyah 2, SMP Islam Yapim dan sebagainya.

Sementara untuk MTS ada MTs Pondok Pesantren Assalaam, MTs Negeri 1, MTS PKP Manado dan beberapa Mts lainnya.

Secara nasional ada sebanyak 27.222 SMP dan 16.619 yang akan menggelar ujian nasional nanti, dengan jumlah peserta dari SMP sebanyak 2.605.227 siswa dan MTs sebanyak 975.730 siswa.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

HEADLINE

Kami melaporkan kebenaran dalam 3 laporan mendalam

Ada tiga tema laporan mendalam kami yang sudah tayang dalam sepekan ini, yaitu Dana Desa, Sampah, dan Dugaan Korupsi Miangas.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Sebagai media – kata Noam Chomsky – yang independen dan berkomitmen untuk menemukan dan melaporkan kebenaran, Zona Utara pada usia yang masih hijau terus mencari formula jurnalistik yang pas jadi bacaan publik.

Ada tiga tema laporan mendalam kami yang sudah tayang dalam sepekan ini, yaitu Dana Desa, Sampah, dan Dugaan Korupsi Miangas. Melalui laporan mendalam itu, Zona Utara berusaha menjadi media yang tak sekadar menyajikan berita serta ingin menunjukkan sesuatu, meski secara teknis barangkali belum tuntas akibat desakan deadline yang tak bisa ditawar lagi.

“media are independent and committed to discovering and reporting the truth, and that they do not merely reflect the world as powerful groups wish it to be perceived.”

Noam Chomsky dalam Manufacturing Consent: The Political Economy of the Mass Media

Terima kasih untuk Aliansi Jurnalis Independen (lebih familiar dengan singkatannya: AJI) yang memberikan kesempatan emas melalui program Beasiswa Liputan Better Journalism for Better Accountablity. Para crew Zona Utara bisa belajar dan mengasah kemampuan jurnalistiknya, sekaligus sebagai tempat praktek perkembangan jurnalistik terkini, seperti data driven dan infografis.

Dana Desa di Minsel perlu topangan SDM yang mumpuni, Terus Bergelut Dengan Sampah, dan Telisik jalan lingkar di tapal batas kami hadirkan dalam tulisan yang cukup panjang disertai sajian visualisasi data dan desian visual menarik.

Selamat membaca!

Tabea!

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com