TALAUD, ZONAUTARA.comProgram Keluarga Harapan (PKH) menjadi salah satu program unggulan pemerintah saat ini. Pasalnya, PKH mencakup seluruh kabupaten/kota seluruh indonesia.

Dengan PKH, pemerintah berharap, dapat mengangkat derajat masyarkat miskin di Indonesia.

Salah satu faktor kesuksesan dari PKH adalah dengan dengan kesadaran masyarakat untuk masuk dalam Graduasi Mandiri.

Gaduasi Mandiri merupakan kesadaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, secara sukarela untuk keluar dari PKH karena merasa sudah mampu secara mandiri soal finansial.

Kepulauan Talaud menjadi satu satunya kabupaten dari 15 kabupaten/kota di Sulawesi Utara Sulut yang mewisuda KPM Graduasi Mandiri, yang digelar di Balai Desa Rarange, Kecamatan Kabaruan, Rabu (27/3/2019).

“Talaud menjadi satu-satunya Kabupaten di Sulut yang mewisuda KPM Graduasi Mandiri PKH,” ungkap Korwil PKH Sulut Noldy Mangerongkonda.

Dalam acara wisuda ini, Kepala Dinas (Kadis) Sosial Provinsi Rini Silangen Tamuntuan menyerahkan sertifikat Graduasi Mandiri kepada salah satu KPM bernama Ani Lalentaa dari Kecamatan Kabaruan, Desa Bulude Selatan.

Ani pun menjadi satu-satunya KPM yang mengundurkan diri dari PKH karena merasa sudah mandiri secara finansial.

“Program ini sangat membantu kami menyekolahkan anak-anak kami, tapi kami secara sadar mengundurkan diri menjadi KPM PKH karena kami merasa sudah mampu secara finansial,” ungkap.

Sementara itu, Kadis Sosial Sulut memberikan apresiasi yang besar kepada pendamping PKH, sehingga bisa membimbing KPM untuk menjadi Graduasi KPM mandiri dan keluar dari PKH.

Dalam kegiatan ini juga dibagikan alat peraga bantuan sosial PKH berupa kalender, yang berisi penjelasan hak kewajiban, nominal bantuan dan jadwal penyaluran bantuan seluruh KPM PKH.

Editor : Christo Senduk




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com