Connect with us

ZONA DAERAH

Berkas dilimpah ke Polres, oknum calon Anggota DPD terancam

Published

on

MINAHASA, ZONAUTARA.com Dugaan pelanggaran Pemilu yang diduga dilakukan oleh salah satu calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) berinisial VDT, berbuntut panjang.

Di mana, berkas perkara dugaan pelanggaran pemilu tersebut kini telah dilimpahkan ke Polres Minahasa oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa, setelah Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) menyatakan, bahwa perkara tersebut telah memenuhi unsur, Kamis (28/3/2019).

VDT pun terancam dalam pencalonannya sebagai calon anggota DPD.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dalam pasal 476 ayat 1 menyebutkan, laporan dugaan tindak pidana Pemilu diteruskan oleh Bawaslu kepada polisi paling lama 1×24 jam,” ujar Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh bersama Koordinator Divisi Hukum, Penindakan dan Penyelesaian Sengketa (HPPS) Erwin Sumampouw, usai melimpahkan berkas perkara tersebut di Polres Minahasa.

Menurut Umboh, dilimpahkannya berkas perkara tersebut, setelah Sentra Gakumdu yang telah melakukan kajian menyatakan, bahwa unsur pidana telah terpenuhi dalam dugaan pelanggaran tersebut.

Diketahui, VDT dilaporkan ke Bawaslu karena diduga menggunakan fasilitas negara dalam melakukan kampanye.

Namun, VDT menampik hal tersebut. Dia bahkan mengaku dirinya dijebak oleh para pelapor yang mengundangnya dan hadir di lokasi tersebut.

VDT pun mengaku ada dugaan pemerasan yang dilakukan oleh para pelapor. Dia pun bakal melaporkan hal itu ke pihak kepolisian. (K-03)

Editor : Christo Senduk

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Penegak Perda, Satpol PP Tomohon tingkatkan kapasitas personel

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comSatuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tomohon menggelar Pelatihan Pengendalian Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan, Rabu (17/7/2019).

Pelatihan yang dilaksanakan di GOR Babe Palar Tomohon ini pun merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas para personel Satpol PP.

Kepala Satpol PP Kota Tomohon Syske Wongkar menjelaskan, kegiatan ini sangat penting dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif, aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat di Kota Tomohon, sehingga dapat terwujudnya roda pemerintahan dan perekonomian yang lancar.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kapasitas anggota Satuan Pol PP yang merupakan ujung tombak penegak Peraturan Daerah (Perda) Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan tersebut pun dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang diwakili Asisten Kesra O D S Mandagi.

Dalam sambutannya, Mandagi mengatakan, Satpol PP sebagai aparat penegak perda serta ketentraman dan ketertiban umum memiliki peranan yang strategis dalam mengendalikan situasi keamanan dan kenyamanan masyarakat serta perlindungan masyarakat bersama dengan unsur terkait.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh anggota Satpol PP di Kota Tomohon dapat memahami tugas yang harus dilaksanakan sesuai dengan SOP yang ada, sehingga mampu berperan lebih baik lagi dalam proses pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan di Kota Tomohon,” pungkasnya.

Tampil sebagai narasumber unsur TNI Kepala Staf Kodim1302/Minahasa Mayor Inf Feky Welang, unsur Polres Tomohon, serta unsur Satpol PP.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com