Connect with us

ZONA DAERAH

Berkas dilimpah ke Polres, oknum calon Anggota DPD terancam

Published

on

MINAHASA, ZONAUTARA.com Dugaan pelanggaran Pemilu yang diduga dilakukan oleh salah satu calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) berinisial VDT, berbuntut panjang.

Di mana, berkas perkara dugaan pelanggaran pemilu tersebut kini telah dilimpahkan ke Polres Minahasa oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa, setelah Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) menyatakan, bahwa perkara tersebut telah memenuhi unsur, Kamis (28/3/2019).

VDT pun terancam dalam pencalonannya sebagai calon anggota DPD.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dalam pasal 476 ayat 1 menyebutkan, laporan dugaan tindak pidana Pemilu diteruskan oleh Bawaslu kepada polisi paling lama 1×24 jam,” ujar Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh bersama Koordinator Divisi Hukum, Penindakan dan Penyelesaian Sengketa (HPPS) Erwin Sumampouw, usai melimpahkan berkas perkara tersebut di Polres Minahasa.

Menurut Umboh, dilimpahkannya berkas perkara tersebut, setelah Sentra Gakumdu yang telah melakukan kajian menyatakan, bahwa unsur pidana telah terpenuhi dalam dugaan pelanggaran tersebut.

Diketahui, VDT dilaporkan ke Bawaslu karena diduga menggunakan fasilitas negara dalam melakukan kampanye.

Namun, VDT menampik hal tersebut. Dia bahkan mengaku dirinya dijebak oleh para pelapor yang mengundangnya dan hadir di lokasi tersebut.

VDT pun mengaku ada dugaan pemerasan yang dilakukan oleh para pelapor. Dia pun bakal melaporkan hal itu ke pihak kepolisian. (K-03)

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Zona Sulut

Ini daerah asal 16 kasus baru corona di Sulut pada 28 Mei

Terbanyak berasal dari Manado.

Bagikan !

Published

on

Ilustrasi dari Pixabay.com

MANADO, ZONAUTARA.COM – Satgas Covid-19 Sulawesi Utara kembali menggelar jumpa pers guna mengumumkan perkembangan epidemiologi covid-19, Kamis (28/5/2020).

Pada jumpa pers tersebut, Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, Steaven Dandel membenarkan ada penambahan 16 kasus baru positif corona.

“Jadi total kasus positif covid-19 di Sulut hingga hari ini sudah sebanyak 297 kasus,” kata Dandel.

Adapun 16 kasus baru positif corona yang diumumkan hari ini berasal dari Manado, Tomohon, Minahasa Utara dan Maluku Utara.

Kota Manado kini menjadi daerah terbanyak kasus positif corona di Sulut. Selain Manado, daerah lain yang juga terdapat banyak kasus positif adalah Tomohon, Minahasa dan Minahasa Utara.

“Hari ini ODP tercatat ada 131 dan PDP ada sebanyak 165,” ujar Dandel.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com