bar-merah

Empat siswa tunarungu jalani UNKP

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Sejenak dicermati tidak ada yang berbeda dalam proses ujian yang berlangsung di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) GMIM Damai Tomohon, Senin (2/4/2019).

Ruang kelas yang dijaga oleh dua orang guru pengawas, serta terdapat empat orang siswa, yang terdiri dari tiga orang perempuan dan satu orang pria yang sedang asik mengisi lembar jawaban.

Kaca di depan kelas yang ditempeli tulisan ‘Harap Tenang Ada Ujian’ pun menandakan bahwa para siswa yang duduk berjejer itu sedang menjalani satu proses penentuan nasib, yakni sedang mengikuti Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Keempat peserta ujian itu pun merupakan siswa tunarungu. Dalam mencermati soal ujian, para siswa tak jarang menggunakan bahasa isyarat.

Proses ujian dari para siswa ini pun berbeda dengan ujian yang saat ini dijalani oleh para siswa normal yang ada di SMA lainnya, yang menjalani ujian menggunakan komputer atau Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK).

Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) B GMIM Damai Tomohon Ginny W Ponamon mengatakan, sebelum mengikuti ujian, para siswa telah menjalani berbagai persiapan.

“Yakni persiapan siswa secara pribadi dan dalam tuntutan guru di kelas serta guru mata pelajaran,” ujar Ponamon.

Menurut dia, pihaknya memberikan pendampingan secara khusus bagi para siswa secara khusus soal bahasa.

“Ada banyak kata-kata yang verbal, itu yang kami sampai-sampaikan dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti,” ungkapnya.

Soal yang diberikan kepada para siswa, kata dia, merupakan soal khusus bagi para siswa untuk anak berkebutuhan khusus.

Dia pun optimis para siswa di SMALB GMIM Damai Tomohon bisa lulus.

Diketahui, para siswa tersebut pun akan menjalani ujian selama tiga hari, sejak Senin hingga Selasa dan akan dilanjutkan pada hari Kamis. Sementara untuk mata pelajaran yang diujikan, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com