Connect with us

ZONA DAERAH

Empat siswa tunarungu jalani UNKP

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Sejenak dicermati tidak ada yang berbeda dalam proses ujian yang berlangsung di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) GMIM Damai Tomohon, Senin (2/4/2019).

Ruang kelas yang dijaga oleh dua orang guru pengawas, serta terdapat empat orang siswa, yang terdiri dari tiga orang perempuan dan satu orang pria yang sedang asik mengisi lembar jawaban.

Kaca di depan kelas yang ditempeli tulisan ‘Harap Tenang Ada Ujian’ pun menandakan bahwa para siswa yang duduk berjejer itu sedang menjalani satu proses penentuan nasib, yakni sedang mengikuti Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Keempat peserta ujian itu pun merupakan siswa tunarungu. Dalam mencermati soal ujian, para siswa tak jarang menggunakan bahasa isyarat.

Proses ujian dari para siswa ini pun berbeda dengan ujian yang saat ini dijalani oleh para siswa normal yang ada di SMA lainnya, yang menjalani ujian menggunakan komputer atau Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK).

Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) B GMIM Damai Tomohon Ginny W Ponamon mengatakan, sebelum mengikuti ujian, para siswa telah menjalani berbagai persiapan.

“Yakni persiapan siswa secara pribadi dan dalam tuntutan guru di kelas serta guru mata pelajaran,” ujar Ponamon.

Menurut dia, pihaknya memberikan pendampingan secara khusus bagi para siswa secara khusus soal bahasa.

“Ada banyak kata-kata yang verbal, itu yang kami sampai-sampaikan dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti,” ungkapnya.

Soal yang diberikan kepada para siswa, kata dia, merupakan soal khusus bagi para siswa untuk anak berkebutuhan khusus.

Dia pun optimis para siswa di SMALB GMIM Damai Tomohon bisa lulus.

Diketahui, para siswa tersebut pun akan menjalani ujian selama tiga hari, sejak Senin hingga Selasa dan akan dilanjutkan pada hari Kamis. Sementara untuk mata pelajaran yang diujikan, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris.

Editor : Christo Senduk

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Dikbud Tomohon kembangkan kurikulum PAUD

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah (Dikbud) mulai mengembangkan kurikulum, bahan ajar dan model pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Hal tersebut pun akan berlangsung sejak Rabu hingga Jumat (10-12/7/2019), di AAB Guest House Matani.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman melalui Asisten Kesejahteraan Rakyat O D S Mandagi saat menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, kurikulum merupakan seperangkat rencana dan sebuah pengaturan berkaitan dengan tujuan, isi, bahan ajar dan cara yang digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran.

Tujuannya, kata dia, untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan nasional  berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 20 tahun 2003.

“Guru harus memahami hal yang sangat mendasar dari kurikulum dan pengembangannya. Sehingga, guru mempunyai tanggung jawab terhadap tercapainya tujuan kurikulum. Guru juga harus mengembangkan bahan ajar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Kota Tomohon Juliana Dolvien Karwur mengatakan, tujuan kurikulum anak usia dini di Indonesia adalah membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap pengetahuan, ketrampilan dan kreatifitas yang diperlukan oleh anak untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan pada tahapan berikutnya.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com