Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Empat siswa tunarungu jalani UNKP

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Sejenak dicermati tidak ada yang berbeda dalam proses ujian yang berlangsung di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) GMIM Damai Tomohon, Senin (2/4/2019).

Ruang kelas yang dijaga oleh dua orang guru pengawas, serta terdapat empat orang siswa, yang terdiri dari tiga orang perempuan dan satu orang pria yang sedang asik mengisi lembar jawaban.

Kaca di depan kelas yang ditempeli tulisan ‘Harap Tenang Ada Ujian’ pun menandakan bahwa para siswa yang duduk berjejer itu sedang menjalani satu proses penentuan nasib, yakni sedang mengikuti Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Keempat peserta ujian itu pun merupakan siswa tunarungu. Dalam mencermati soal ujian, para siswa tak jarang menggunakan bahasa isyarat.

Proses ujian dari para siswa ini pun berbeda dengan ujian yang saat ini dijalani oleh para siswa normal yang ada di SMA lainnya, yang menjalani ujian menggunakan komputer atau Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK).

Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) B GMIM Damai Tomohon Ginny W Ponamon mengatakan, sebelum mengikuti ujian, para siswa telah menjalani berbagai persiapan.

“Yakni persiapan siswa secara pribadi dan dalam tuntutan guru di kelas serta guru mata pelajaran,” ujar Ponamon.

Menurut dia, pihaknya memberikan pendampingan secara khusus bagi para siswa secara khusus soal bahasa.

“Ada banyak kata-kata yang verbal, itu yang kami sampai-sampaikan dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti,” ungkapnya.

Soal yang diberikan kepada para siswa, kata dia, merupakan soal khusus bagi para siswa untuk anak berkebutuhan khusus.

Dia pun optimis para siswa di SMALB GMIM Damai Tomohon bisa lulus.

Diketahui, para siswa tersebut pun akan menjalani ujian selama tiga hari, sejak Senin hingga Selasa dan akan dilanjutkan pada hari Kamis. Sementara untuk mata pelajaran yang diujikan, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris.

Editor : Christo Senduk

Advertisement Hosting Unlimited Indonesia
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Cepat tanggap atasi aksi kriminalitas, Kapolres apresiasi URC Totosik

Published

on

Katim URC Totosik Bripka Yanny Watung saat menerima penghargaan. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.comAksi cepat tanggap atasi kasus-kasus kriminalitas di Kota Tomohon terus diperlihatkan Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik.

Satu per satu kasus kriminalitas yang terjadi di wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Tomohon pun diatasi tim yang diketuai Bripka Yanny Watung ini.

Atas capaian tersebut, Kepala Polres (Kapolres) Tomohon AKBP Raswin Bachtiar Sirait pun memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan, yang diserahkan di halaman Polres Tomohon, Senin (20/5/2019).

“Terima kasih atas dedikasi, pengabdian menjaga kamtibmas, pengungkapan dan penangkapan di wilayah hukum Resor Tomohon, serta memberikan rasa aman dengan merespon cepat setiap laporan dari masyarakat,” ujar Sirait.

Atas penghargaan tersebut, URC Totosik tak lantas berbangga diri.

Ketua Tim (Katim) URC Totosik Bripka Yanny Watung pun berterima kasih kepada pimpinannya atas penghargaan tersebut.

Menurut Watung, penghargaan tersebut bakal membuat pihaknya lebih semangat dalam bertugas.

“Tentunya kami akan berusaha meningkatkan kinerja dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan membawa nama harum Polri, khususnya Polres Tomohon,” ujar Polisi berprestasi ini.

Watung pun berterima kasih kepada warga di wilayah hukum Polres Tomohon yang terus mendukung URC Totosik dalam melaksanakan tugas.

“Penghargaan ini juga kami dapatkan atas bantuan dari masyarakat yang selalu memberikan informasi terhadap setiap kejadian yang terjadi,” pungkasnya.

Diketahui, dalam menjalankan tugas yang tak kenal lelah tersebut, Watung dibantu oleh Brigpol William Batuitang, Brigpol Hendri Otay, Brigpol Maikel Mawara, Brigpol Halvey Londok, Brigpol Jim Tumurang, Briptu Billy Timuhari dan Bripda Billy Lolong.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending