Connect with us

Hukum dan Kriminal

KPK sebut amankan dua orang dari Talaud

Published

on

TALAUD, ZONAUTARA.comJuru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengonfirmasi penindakan yang dilakukan di Kabupaten Kepulauan Talaud, Selasa (30/4/2019).

Febri mengatakan, timnya melakukan penangkapan terhadap dua orang dalam operasi tersebut.

Menurut Febri, penangkapan tersebut terkait adanya dugaan transaksi pada pengadaan atau proyek di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud.

“KPK mengamankan 2 orang dari daerah tersebut, termasuk unsur Kepala Daerah. Mereka sedang dalam perjalanan ke kantor KPK di Jakarta,” ungkap Febri dalam keterangan resminya.

Kegiatan ini, kata Febri, merupakan bagian dari rangkaian Operasi Tangkap Tangan (OTT) sejak menjelang tengah malam Senin (29/4/2019), di Jakarta.

Tim KPK, lanjut Febri, mengamankan 4 orang pihak swasta di Jakarta dan saat ini sudah berada di kantor KPK untuk menjalani pemeriksaan.

“Diduga hadiah yang diberikan berupa tas, jam dan perhiasan berlian dengan nilai sekitar ratusan juta rupiah,” pungkasnya.

Diketahui, KPK RI melakukan penangkapan terhadap Bupati Talaud Sri Wahyumi Manalip (SWM) di kantornya, Selasa siang.

Editor : Christo Senduk

Hukum dan Kriminal

Terbukti lakukan pungli, dua oknum pegawai Dishub Minahasa dibui 1 tahun

Published

on

Sidang kasus pungli pegawai Dishub Minahasa di Pengadilan Tipikor Manado. (Foto: Humas Kejari)

MANADO, ZONAUTARA.com – Dua oknum pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Minahasa dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana korupsi dalam bentuk pungutan liar (pungli) oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Manado, Rabu (15/5/2019).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tomohon melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Wilke H Rabeta.

Dia mengatakan, dua oknum petugas Dishub Minahasa tersebut, masing-masing Jantje Taroreh dan Marthen Kalalo dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dalam Pasal 12 huruf e juncto Pasal 12A Undang-Undang (UU) Tipikor

“Para terdakwa divonis pidana penjara selama 1 tahun dan denda sebesar Rp10 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 1 bulan,” ungkap Rabeta.

Menurut dia, atas putusan tersebut, baik Jaksa Penuntut Umum (JPU) Elson S. Butarbutar dan para terdakwa menyatakan sikap pikir-pikir.

Diketahui, sebagaiama dalam dakwaan JPU Kejari Tomohon, para terdakwa diseret ke meja hihau atas aksi pungli terkait penerbitan Kartu Uji Kendaraan Bermotor (KUKB) dan Surat Keterangan Dispensasi Angkutan Khusus (SKDAK) pada saat melaksanakan operasi keselamatan dan kelengkapan administrasi kendaraan angkutan umum dan angkutan barang di Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement

Trending