Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Oknum calon anggota DPD divonis terbukti lakukan pelanggaran pemilu

Published

on

MINAHASA, ZONAUTARA.com Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tondano akhirnya memutus satu kasus dugaan pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu), Jumat (3/5/2019).

Kasus yang menjerat oknum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), yakni perempuan VTD alias Vivian, oleh Majelis Hakim Paul Pane, Laoede dan Frans Pangemanan dinyatakan terbukti melanggar Undang-Undang (UU) tentang Pemilu.

Hal tersebut diungkapkan Jaksa Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) Minahasa Parsaoran Simorangkir.

Menurut dia, terdakwa divonis bersalah melanggar Pasal 523 ayat 1 UU Nomor 17 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Hakim memutuskan bersalah dan dihukum penjara selama 15 hari, serta masa percobaan 1 bulan,” ujar pria yang akrab disapa Saor ini.

Dia menjelaskan, sebelumnya terdakwa dituntut oleh Jaksa dengan hukuman satu bulan penjara dan denda Rp5 juta dengan subsider satu bulan penjara.

Terkait putusan tersebut, lanjut Saor, pihaknya akan melakukan upaya hukum banding.

“Rencananya awal pekan depan Jaksa akan mengajukan banding karena putusan yang dijatuhkan Hakim jauh dari tuntutan,” pungkasnya.

Diketahui, kasus yang menjerat VTD tersebut berawal pada pertemuannya bersama warga di kawasan Pasar Souvenir Tataaran Patar Tondano, 9 Februari 2019 lalu.

Dalam kesempatan itu, VTD membagikan uang kepada sejumlah warga usai bertatap muka dengannya.

VTD pun mengaku jika saat itu dirinya dijebak oleh sejumlah orang. Karena pertemuan itu bukan merupakan inisiatif darinya melainkan para pelapor.

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa hingga berlabuh di meja hijau. (K-03)

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Cepat tanggap atasi aksi kriminalitas, Kapolres apresiasi URC Totosik

Published

on

Katim URC Totosik Bripka Yanny Watung saat menerima penghargaan. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.comAksi cepat tanggap atasi kasus-kasus kriminalitas di Kota Tomohon terus diperlihatkan Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik.

Satu per satu kasus kriminalitas yang terjadi di wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Tomohon pun diatasi tim yang diketuai Bripka Yanny Watung ini.

Atas capaian tersebut, Kepala Polres (Kapolres) Tomohon AKBP Raswin Bachtiar Sirait pun memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan, yang diserahkan di halaman Polres Tomohon, Senin (20/5/2019).

“Terima kasih atas dedikasi, pengabdian menjaga kamtibmas, pengungkapan dan penangkapan di wilayah hukum Resor Tomohon, serta memberikan rasa aman dengan merespon cepat setiap laporan dari masyarakat,” ujar Sirait.

Atas penghargaan tersebut, URC Totosik tak lantas berbangga diri.

Ketua Tim (Katim) URC Totosik Bripka Yanny Watung pun berterima kasih kepada pimpinannya atas penghargaan tersebut.

Menurut Watung, penghargaan tersebut bakal membuat pihaknya lebih semangat dalam bertugas.

“Tentunya kami akan berusaha meningkatkan kinerja dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan membawa nama harum Polri, khususnya Polres Tomohon,” ujar Polisi berprestasi ini.

Watung pun berterima kasih kepada warga di wilayah hukum Polres Tomohon yang terus mendukung URC Totosik dalam melaksanakan tugas.

“Penghargaan ini juga kami dapatkan atas bantuan dari masyarakat yang selalu memberikan informasi terhadap setiap kejadian yang terjadi,” pungkasnya.

Diketahui, dalam menjalankan tugas yang tak kenal lelah tersebut, Watung dibantu oleh Brigpol William Batuitang, Brigpol Hendri Otay, Brigpol Maikel Mawara, Brigpol Halvey Londok, Brigpol Jim Tumurang, Briptu Billy Timuhari dan Bripda Billy Lolong.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending