Connect with us

ZONA DAERAH

Oknum calon anggota DPD divonis terbukti lakukan pelanggaran pemilu

Published

on

MINAHASA, ZONAUTARA.com Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tondano akhirnya memutus satu kasus dugaan pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu), Jumat (3/5/2019).

Kasus yang menjerat oknum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), yakni perempuan VTD alias Vivian, oleh Majelis Hakim Paul Pane, Laoede dan Frans Pangemanan dinyatakan terbukti melanggar Undang-Undang (UU) tentang Pemilu.

Hal tersebut diungkapkan Jaksa Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) Minahasa Parsaoran Simorangkir.

Menurut dia, terdakwa divonis bersalah melanggar Pasal 523 ayat 1 UU Nomor 17 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Hakim memutuskan bersalah dan dihukum penjara selama 15 hari, serta masa percobaan 1 bulan,” ujar pria yang akrab disapa Saor ini.

Dia menjelaskan, sebelumnya terdakwa dituntut oleh Jaksa dengan hukuman satu bulan penjara dan denda Rp5 juta dengan subsider satu bulan penjara.

Terkait putusan tersebut, lanjut Saor, pihaknya akan melakukan upaya hukum banding.

“Rencananya awal pekan depan Jaksa akan mengajukan banding karena putusan yang dijatuhkan Hakim jauh dari tuntutan,” pungkasnya.

Diketahui, kasus yang menjerat VTD tersebut berawal pada pertemuannya bersama warga di kawasan Pasar Souvenir Tataaran Patar Tondano, 9 Februari 2019 lalu.

Dalam kesempatan itu, VTD membagikan uang kepada sejumlah warga usai bertatap muka dengannya.

VTD pun mengaku jika saat itu dirinya dijebak oleh sejumlah orang. Karena pertemuan itu bukan merupakan inisiatif darinya melainkan para pelapor.

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa hingga berlabuh di meja hijau. (K-03)

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

2020, Pemkot anggarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk aparat kelurahan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar sosialisasi tentang program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi Aparatur Kelurahan Se-Kota Tomohon, Rabu (20/11/2019).

Kegiatan yang digelar di Anugerah Hills Tomohon ini dibuka Wali Kota Tomohon yang diwakili oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon O. D. S. Mandagi.

Saat membacakan sambutan Wali Kota, Mandagi mengatakan, sosialisasi ini diinisiasi atas dasar pentingnya jaminan sosial Ketenagakerjaan bagi aparatur kelurahan, yang rata-rata merupakan pekerja lapangan dan tidak memiliki jaminan ketenagakerjaan.

Padahal, kata Mandagi, resiko kecelakaan kerja dan kematian yang sangat tinggi terjadi dalam bekerja.

“Namun begitu, sebanyak 775 tenaga kerja non ASN, yakni kontrak dan THL, serta 758 tenaga kerja Linmas yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon telah dilindungi program jaminan sosial Ketenagakerjaan,” ujar Mandagi.

Menurut dia, pihaknya akan menganggarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi aparatur kelurahan di Kota Tomohon pada tahun anggaran 2020 mendatang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut PPS Kepala BPJS Ketenagakerjaan Minahasa Lidia Mamesah, Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Tomohon Klaudius Kalesaran, para Camat dan Lurah se- Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com