Connect with us

PENDIDIKAN

Universitas ini syaratkan mahasiswa baru punya 10 ribu subscriber di Youtube

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta mencantumkan syarat itu.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.com – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ), mencantumkan salah satu syarat penerimaan mahasiswa baru adalah menjadi Youtuber.

Tidak tanggung-tanggung, syarat yang ditetapkan adalah harus punya minimal 10.000 subscriber. Saat diakses zonautara.com pada Jumat (14/6/2019), syarat itu masih terpajang di website:

“Diumumkan kepada calon pendaftar program sarjana jalur Seleksi Mandiri UPN Veteran Jakarta (SEMA UPNVJ) tahun 2019 terkait penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada jalur SEMA UPNVJ antara lain:
Jalur Masuk SEMA UPNVJ terdiri dari:
a. Jalur Akademik yang menggunakan Nilai UTBK sebagai kriteria tunggal kelulusan.
b. Jalur Prestasi yang menggunakan gabungan Nilai UTBK dan Prestasi Akademik/Nonakademik. (Prestasi bidang olimpiade sains, olahraga dan seni peringkat 1-3 tingkat kabupaten/kota, Provinsi, Nasional, dan Internasional 3 tahun terakhir, Hafiz Al-Quran minimal 5 Juz, Ketua OSIS selama sekurangnya satu periode dan Youtube Content Creator minimal 10.000 subscriber).

Itulah sebagian cuplikan pengumuman Rektor UPNVJ bernomor 32/UN61/PG/2019 yang terpublikasi di website mereka.

Syarat menjadi content creator Youtube itu ramai ditanggapi netizen di Instagram.

@ahmad.fajri.trio: Keren juga nih kampus, bakal mencetak next atta halilintar.
@ivanlimbong88: Astaga kampus gw yg katanya kampus “bela negara”
@naufalfalahbintang: Kalo beli subscriber ketauan ga min”

Dinukil dari tirto.id, Rektor UPNVJ Erna Hernawati mengaku tidak mengetahui kalau persyaratan khusus yang dibuat rektorat itu ramai di media sosial.

“Belum tahu saya, soal ramai di medsos. Di Instagram apa? Coba nanti kasih linknya ke saya,” kata dia saat dikonfirmasi reporter Tirto, Kamis (13/6/2019).

Menjadi content creator di Youtube saat ini memang sedang diminati banyak orang. Pasalnya, youtuber yang banyak subscriber bisa mendatangkan penghasilan yang lumayan.

Tak heran saat ini banyak anak-anak tidak lagi bercita-cita menjadi dokter, hakim, tentara, tetapi bermimpi menjadi Youtuber.

Walaupun belum diketahui apa korelasi punya 10.000 subscriber dengan prestasi akademik, namun seleksi mahasiswa baru bertujuan menemukan kandidat yang paling sesuai dengan universitas dan fakultas yang disediakan.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PENDIDIKAN

Pengguna layanan bimbel online tembus angka fantastis

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Pengguna layanan bimbingan belajar (bimbel) online kian meningkat. Satu startup pendidikan digital, Ruangguru, per Oktober 2018 mencatat peningkatan angka fantastis, yang mencapai 13 juta orang. Jumlah tersebut tumbuh lebih dari 10 kali lipat sejak tahun 2016.

Saat diskusi media Forum Merdeka Barat 9 yang dilaksanakan di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika medio tahun  2019, Vice President Ruangguru Ritchie Goenawan mengatakan, peningkatan pengguna ini didukung oleh perluasan akses internet di seluruh Indonesia. Selain alasan tersebut, aplikasi Ruangguru juga kini telah mengurangi kapasitas data hingga 80 persen untuk setiap video belajar.

“Ini menghasilkan peningkatan jumlah pengguna Ruangguru hingga 10 kali lipat, menjadi 10 juta pengguna. Per Oktober pengguna telah lebih dari 13 juta,” kata Ritchie.

Melalui bimbel online yang disediakan aplikasi ini, menurut Ritchie, memungkinkan para siswa dan siswi dapat mengakses konten dan tutor pendidikan di mana saja serta kapan saja. Konten pendidikan mencakup kurikulum pelajaran dari SD maupun SMA baik swasta maupun negeri.

“Kami menyediakan aplikasi mobile yang menyediakan konten pendidikan untuk semua jenjang yang berkualitas dan interaktif. Kami meratakan kualitas pendidikan di Indonesia,” ujarnya.

zonautara.com
Aplikasi Ruangguru.(Image: captured from website)

Dijelaskannya, Indonesia saat ini memiliki sistem pendidikan terbesar ke-4 di dunia. Dalam ekosistem pendidikan Indonesia, terdapat 56 juta murid dengan 300 ribu jumlah sekolah namun dalam hal kinerja, angka Indonesia tergolong yang paling rendah atau berada di urutan ke-64 dalam Liga Pendidikan Global.

“Lantaran itulah, kita melihat perlunya berkontribusi untuk mempercepat akses pendidikan,” ungkapnya.

Peningkatan akses pendidikan dengan kualitas yang merata, diyakini Vice President Ruangguru memiliki manfaat besar bagi peningkatan kualitas hidup Sumber Daya Manusia Indonesia. Terlebih, pendidikan hingga level sekolah lanjutan berdampak pada adanya peningkatan pendapatan hingga lebih dari 55 persen dibandingkan yang tidak.

Padahal, lulusan bergender laki-laki lulusan SMA bisa memperoleh pendapatan US$202 per bulan, sementara perempuan lulusan SMA US$143 per bulan.

“Sedangkan untuk lelaki yang tidak lulus SMA hanya US$91 per bulan dan perempuannya hanya US$53 per bulan,” jelas Ritchie.

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com