Connect with us

KABAR SULUT

Google-AJI dan AMSI Sulut latih ketrampilan cek fakta kepada 15 Media

Published

on

KOTAMOBAGU, ZONAUTARA.com Informasi palsu atau hoax berselewiran di internet dan menjadi musuh bersama. Ironisnya, media masih saja mengambil informasi hoax tadi dijadikan berita tanpa melakukan verifikasi. Lalu masyarakat mempercayainya.

Bagaimana cara menangkalnya? Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Utara bekerjasama dengan AJI dan Google melaksanakan pelatihan dalam rangkaian Google News Initiative Training Network, selama dua hari, 21-22 Juni 2019 di Kantor Redaksi SatuBMR.com, Kotamobagu, Sulawesi Utara (Sulut).

Setidaknya, 15 media di Sulut mengirimkan jurnalisnya ikut dalam training yang diampuh dua trainer bersertifikat Google, Ronny Adolf Buol (ZonaUtara.com) dan Supardi Bado (SatuBMR.com).

“Training ini bertujuan menangkal berita palsu atau hoax yang beredar di media online. Apalagi, semakin bertambahnya media di Sulut, sehingga para jurnalis perlu dibekali ilmu teknologi dalam mengungkapkan kebenaran di balik berita. Beruntung bagi media-media yang ikut dalam pelatihan selama dua hari ini,” ujar Ronny Adolf Buol dan Supardi Bado.

Keduanya menambahkan, training itu bukan sekadar menangkal hoax, melainkan para jurnalis dan media juga harus dituntut bisa melahirkan karya jurnalistik berstandar tinggi dan jauh dari hoax.

“Sulit hari ini membedakan mana berita palsu dan tidak. Ini tantangan yang harus dijawab para jurnalis dan media di Sulut,” kata mereka.

Program Google News Initiative Training Network memverifikasi informasi dalam bentuk teks digital, gambar dan video yang bertebaran di internet.

Selama training berlangsung, para jurnalis diberikan pengetahuan dan pemahaman tentang teknik melakukan cek fakta secara online dengan dibekali google tools.

Setelah dibekali pemahaman dan teknik, para jurnalis mempraktikkan bagaimana mengungkap kebenaran dari satu berita hoax, hingga memverifikasi penyebar berita tersebut.

Bahkan, para jurnalis diajarkan pula cara memverifikasi akun media sosial, foto, atau video yang viral dengan cara mengecek lokasi dan waktu informasi yang beredar di internet.

Ketua AMSI Sulut Agustinus Hari mengatakan, pelatihan ini untuk pertama di AMSI Wilayah seluruh Indonesia.

“Sejak AMSI terlibat pelatihan di Jakarta beberapa waktu lalu bersama AJI dan Google, dari 15 AMSI Wilayah, Sulut merupakan wilayah pertama yang melakukan pelatihan. Bagi media dan jurnalis yang ikut pelatihan ini diharapkan bisa mempraktikan tools-tools tersebut di media masing-masing, sehingga media kita makin berintegritas dan dipercaya publik. Terima kasih juga buat AJI dan Google yang membantu AMSI Sulut menggelar pelatihan ini,” ungkap Pemred Barta1.com ini.

Editor : Christo Senduk

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Soal Rancangan KUA PPAS APBD 2020, ini penjelasan Eman ke DPRD

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon menggelar rapat paripurna, Rabu (18/7/2019).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Miky JL Wenur ini pun mengagendakan mendengarkan penjelasan Wali Kota mengenai rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) APBD dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun Anggaran 2020 Kota Tomohon.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman dalam penjelasannya mengatakan, KUA APBD Kota Tomohon Tahun Anggaran 2020 merupakan dokumen perencanaan anggaran yang digunakan sebagai dasar penyusunan PPAS APBD tahun anggaran 2020.

KUA dan PPAS APBD, kata Eman, merupakan acuan dalam penyusunan rancangan APBD KOTA TOMOHON tahun anggaran 2020. KUA APBD ini disusun dengan mengacu pada dokumen perencanaan pembangunan daerah, yaitu dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon tahun 2016-2021 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon tahun 2020.

RKPD Kota Tomohon tahun 2020 ini dalam penyusunannya berpedoman pada arah kebijakan dan strategi pembangunan yang digariskan dalam RPJMN 2015-2019.

“RKPD ini juga merupakan penjabaran dari pelaksanaan RPJMD Provinsi Sulawesi Utara dan RPJMD Kota Tomohon tahun 2016-2021, sesuai dengan tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020, yaitu pembangunan sumber daya manusia untuk pembangunan berkualitas,” ujar Eman.

Menurut Eman, berdasarkan sasaran dan prioritas pembangunan RKPD tahun 2020, telah ditetapkan dalam lima prioritas daerah, yaitu peningkatan kualitas SDM, pertumbuhan ekonomi, daya saing dan investasi, sosial budaya dan pariwisata, pengembangan infrastruktur, pemanfaatan sumber daya alam.

“Dalam rancangan KUA serta PPAS APBD tahun anggaran 2020 ini, pada sisi pendapatan diproyeksikan sebesar Rp671.850.581.559. Selanjutnya pada pembiayaan diproyeksikan sebesar Rp23.170.667.511. Dari rencana penerimaan pendapatan daerah dan pembiayaan daerah tahun 2020 sebagaimana telah disampaikan, maka anggaran yang dapat dimanfaatkan untuk belanja daerah tahun 2020 adalah diproyeksikan sebesar Rp695.021.249.070. Rincian belanja daerah pada tahun 2020 terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp294.583.477.008 dan belanja langsung sebesar Rp. 400.437.772.062,” jelasnya.

Turut hadir dalam paripurna tersebut para anggota DPRD Kota Tomohon dan para Asisten Setda Kota Tomohon, Kepala Perangkat Daerah, Camat serta Lurah se-Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com