Connect with us

TNI Bersama Rakyat

TMMD selalu berusaha ringankan beban masyarakat

Published

on

BITUNG, ZONAUTARA.com – Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu yang menjadi lokasi sasaran TMMD, dipilih karena banyaknya keluhan masyarakat jika di desa ini jalan perekonomian warga terganggu, mulai kondisi jalan yang jelek hingga warga harus memutar jauh untuk membawa hasil buminya.

Sebanyak 150 personel TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 1310/Bitung TA. 2019, sepertinya tidak mengenal lelah dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Seperti sekarang ini anggota Satgas TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung yang berasal dari berbagai satuan mulai dari TNI AD, AU, AL dan Polri berbaur bersama masyarakat membangun sasaran fisik dan non fisik di Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung yang menjadi pusat lokasi TMMD ke-105.

Hal ini seperti dikatakan Lurah Duasudara Lucky Runtuwene, S.Sos. saat ditemui mengatakan dirinya tak percaya jika desanya bisa menjadi lokasi TMMD.

“Kami awalnya tidak percaya jika desa kami ini mendapat perhatian dari TNI, desa kami memang pinggir kota tapi kami sangat kesusahan untuk sampai ke kampung sebelah, kami harus memutar untuk melingkari bukit,” jelas Lucky.

Sementara itu Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos. mengatakan pihaknya hanya berupaya meringankan beban warga yang saat ini terus dikeluhkan.

“Ya, jalan ini menghubungkan Kelurahan Duasudara ke Apela Satu dan Apela Dua. Kita harus menembus bukit untuk mengambil jarak terdekat, berdasarkan perencanaan pembukaan jalan barunya sekitar 4.400 meter termasuk perkerasan jalannya,” jelas Dandim.

TNI Bersama Rakyat

Dulunya gunung dan hutan, sekarang jadi jalan

Published

on

BITUNG, ZONAUTARA.com – Kegiatan TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung selain meningkatkan mutu perekonomian masyarakat khususnya di daerah sasaran juga dapat menjadi pemersatu antara TNI dan Pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kerja sama antara TNI dengan masyarakat di daerah sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 1310/Bitung TA. 2019 mengubah perbukitan dan lumpur menjadi jalan untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Karena selain membuka akses jalan dan meningkatkan mutu jalan prajurit TNI juga bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan berbagai pelayanan kepada masyarakat baik dibidang pertanian, pendidikan, kesehatan dan berbagai pelayanan lainnya yang berguna bagi masyarakat.

Seperti yang disampaikan oleh Dansatgas TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos.(26/7/2019) di Lokasi TMMD Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung, bahwa prajurit TNI bersama dengan masyarakat bukan saja membuka akses jalan di dataran namun juga merubah perbukitan menjadi jalan yang berguna untuk masyarakat di lokasi sasaran TMMD.

“Tentu saja dampak dari pembukaan jalan tersebut bukan hanya menjadi urat nadi perekonomian warga untuk berkebun saja, Namun menjadi cikal bakal majunya tiga Kelurahan yang selama ini masih jalan di tempat,” ujar Dansatgas TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung.

Lanjutnya, selain perbukitan kita juga menjadikan yang selama ini lumpur ataupun genangan air menjadi jalan yang berguna.

“Dengan harapan, setelah selesai pembukaan jalan tersebut urat nadi perekonomian masyarakat akan dapat terus meningkat sehingga pemerataan pembangunan tersebut dapat tercapai dengan baik,” akhiri Dansatgas.

Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com