BITUNG, ZONAUTARA.com – Melalui program TMMD tersebut mereka membuka jalan menuju desa-desa terisolir di Negara ini seperti halnya dengan kegiatan TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung di Kelurahan Duasudara Kecamatan Kota Bitung Propinsi Sulawesi Utara.

Dimana dalam kegiatan tersebut Prajurit TNI gabungan dari TNI AD, AU, Polri dan Masyarakat Duasudara serta Instansi terkait di Kota Bitung, membuka dan pelebaran jalan sepanjang 4.400 Meter yang melintasi perkebunan masyarakat menuju Kelurahan Apela Satu dan Apela Dua di kecamatan Ranowulu.

Selain tugas utamanya menegakkan kedaulatan Negara dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, ternyata TNI mempunyai tugas lain yakni melaksanakan pembangunan di berbagai lini.

Sebagai prajurit TNI terutama TNI AD juga mempunyai tugas utama lainnya membantu masyarakat melaksanakan pembangunan, pembangunan yang dilaksanakan oleh prajurit TNI tersebut bukan saja di bidang pembangunan fisik juga termasuk di segala lini.

Pembangunan yang dilaksanakan oleh Prajurit TNI AD tersebut mereka laksanakan melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dimana melalui kegiatan tersebut prajurit melaksanakan pembangunan fisik baik pembukaan jalan di wilayah terisolir maupun kegiatan non fisik lainnya berupa sosialisasi baik tentang pertanian, kesehatan, KB, bela negara dan wasbang, peternakan maupun di bidang perkebunan.

Pembukaan dan pelebaran jalan yang dilaksanakan oleh Prajurit TNI bersama masyarakat tersebut memang selama ini sudah belasan bahkan puluhan tahun lamanya didambakan oleh masyarakat Kelurahan Duasudara, Kelurahan Apela Satu dan Kelurahan Apela Dua di Kecamatan Ranowulu, ternyata melalui kegiatan TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung dapat menjawab keresahan masyarakat di Tiga Kelurahan tersebut, dimana jalan sepanjang 4.400 meter menjadi lebar dan terbuka dengan baik.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id