Connect with us

TNI Bersama Rakyat

TNI pelopori usaha atasi kesulitan rakyat

Published

on

BITUNG, ZONAUTARA.com – Melalui program TMMD tersebut mereka membuka jalan menuju desa-desa terisolir di Negara ini seperti halnya dengan kegiatan TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung di Kelurahan Duasudara Kecamatan Kota Bitung Propinsi Sulawesi Utara.

Dimana dalam kegiatan tersebut Prajurit TNI gabungan dari TNI AD, AU, Polri dan Masyarakat Duasudara serta Instansi terkait di Kota Bitung, membuka dan pelebaran jalan sepanjang 4.400 Meter yang melintasi perkebunan masyarakat menuju Kelurahan Apela Satu dan Apela Dua di kecamatan Ranowulu.

Selain tugas utamanya menegakkan kedaulatan Negara dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, ternyata TNI mempunyai tugas lain yakni melaksanakan pembangunan di berbagai lini.

Sebagai prajurit TNI terutama TNI AD juga mempunyai tugas utama lainnya membantu masyarakat melaksanakan pembangunan, pembangunan yang dilaksanakan oleh prajurit TNI tersebut bukan saja di bidang pembangunan fisik juga termasuk di segala lini.

Pembangunan yang dilaksanakan oleh Prajurit TNI AD tersebut mereka laksanakan melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dimana melalui kegiatan tersebut prajurit melaksanakan pembangunan fisik baik pembukaan jalan di wilayah terisolir maupun kegiatan non fisik lainnya berupa sosialisasi baik tentang pertanian, kesehatan, KB, bela negara dan wasbang, peternakan maupun di bidang perkebunan.

Pembukaan dan pelebaran jalan yang dilaksanakan oleh Prajurit TNI bersama masyarakat tersebut memang selama ini sudah belasan bahkan puluhan tahun lamanya didambakan oleh masyarakat Kelurahan Duasudara, Kelurahan Apela Satu dan Kelurahan Apela Dua di Kecamatan Ranowulu, ternyata melalui kegiatan TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung dapat menjawab keresahan masyarakat di Tiga Kelurahan tersebut, dimana jalan sepanjang 4.400 meter menjadi lebar dan terbuka dengan baik.

Bagikan !

TNI Bersama Rakyat

Dulunya gunung dan hutan, sekarang jadi jalan

Published

on

BITUNG, ZONAUTARA.com – Kegiatan TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung selain meningkatkan mutu perekonomian masyarakat khususnya di daerah sasaran juga dapat menjadi pemersatu antara TNI dan Pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kerja sama antara TNI dengan masyarakat di daerah sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 1310/Bitung TA. 2019 mengubah perbukitan dan lumpur menjadi jalan untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Karena selain membuka akses jalan dan meningkatkan mutu jalan prajurit TNI juga bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan berbagai pelayanan kepada masyarakat baik dibidang pertanian, pendidikan, kesehatan dan berbagai pelayanan lainnya yang berguna bagi masyarakat.

Seperti yang disampaikan oleh Dansatgas TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos.(26/7/2019) di Lokasi TMMD Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung, bahwa prajurit TNI bersama dengan masyarakat bukan saja membuka akses jalan di dataran namun juga merubah perbukitan menjadi jalan yang berguna untuk masyarakat di lokasi sasaran TMMD.

“Tentu saja dampak dari pembukaan jalan tersebut bukan hanya menjadi urat nadi perekonomian warga untuk berkebun saja, Namun menjadi cikal bakal majunya tiga Kelurahan yang selama ini masih jalan di tempat,” ujar Dansatgas TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung.

Lanjutnya, selain perbukitan kita juga menjadikan yang selama ini lumpur ataupun genangan air menjadi jalan yang berguna.

“Dengan harapan, setelah selesai pembukaan jalan tersebut urat nadi perekonomian masyarakat akan dapat terus meningkat sehingga pemerataan pembangunan tersebut dapat tercapai dengan baik,” akhiri Dansatgas.

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com