14 Anggota Panwascam se-Kota Tomohon resmi dilantik

Christo Senduk
Penulis Christo Senduk



TOMOHON, ZONAUTARA.comSetelah melalui sejumlah tahapan, para Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon, akhirnya resmi dilantik, Senin (30/12/2019).

Pelantikan yang digelar di Vila Emitta Tomohon dilakukan oleh Ketua Bawaslu Kota Tomohon Deisy T Soputan.

Terpantau, ada sebanyak 14 orang yang resmi dilantik menjadi anggota Panwascam se-Kota Tomohon, dari total 15 orang untuk lima kecamatan.

Usai dilantik, para anggota Panwascam membacakan dan menandatangani Pakta Integritas.

Soputan dalam sambutannya mengatakan, pihaknya berbangga karena bisa mencatat sejarah dengan melantik Anggota Panwascam se-Kota Tomohon untuk bertugas pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon tahun 2020.

Dia menuturkan, proses perekrutan yang dilakukan adalah untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang betul-betul siap untuk melaksanakan ketentuan perundang-undangan.

Menurut dia, faktor integritas, kredibilitas juga pengetahuan merupakan hal yang paling penting bagi para Anggota Panwascam.

“Yang terpilih saat ini adalah sesuai dengan ekspektasi kami. Mereka merupakan pilihan terbaik,” ungkapnya.

Dia berharap, Anggota Panwascam yang sudah dilantik agar menjaga integritas dan kredibilitas, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

“Sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik, serta patuh terhadap ketentuan perundang-undangan, serta
amanat undang-undang dilakukan dengan baik dan dengan dedikasi yang tinggi,” tuturnya.

zonautara.com
Zonautara.com

Terkait satu calon anggota Panwascam dari Kecamatan Tomohon Selatan yang belum dilantik, kata Deisy, pihaknya masih melakukan penundaan pelantikan karena adanya tanggapan masyarakat terhadap calon tersebut.

“Yang dilantik hanya 14. Yang satu belum dilantik karena ada tanggapan masyarakat terhadap yang bersangkutan. Oleh karena tanggapan itu, maka masih dalam pemeriksaan terhadap laporan tersebut. (Laporannya) netralitas calon Panwascam,” jelasnya.

Dia menegaskan, pihaknya masih belum melakukan pembatalan terhadap satu calon Anggota Panwascam tersebut.

zonautara.com
Zonautara.com

“Masih pada status penundaan, karena masih sementara dalam tahap pengkajian,” pungkasnya.

Anggota Bawaslu Sulut Awaludin Umbola yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, pengawas pemilu harus mempunyai integritas dan kemampuan yang mumpuni untuk melakukan pengawasan.

“Dalam momentum ini, kami akan menggaransi, bahwa yang terpilih sebagai Panwascam adalah orang yang berintegritas,” ujarnya.

Menurut dia, orang yang berintegritas adalah orang mahal.

“Karena kalian mahal, jangan buat kalian murah diri dalam pilkada,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Harold V Lolowang yang turut dalam kesempatan itu mengatakan, pihaknya sangat menaruh harapan agar pelaksanaan pilkada berjalan dengan baik.

“Kami akan terus bersinergi dengan Bawaslu dan juga KPU karena memang selama ini, KPU, Bawaslu dan Pemerintah Kota Tomohon mesra-mesra saja,” ungkap Lolowang.

Dia berharap, dengan dilantiknya Panwascam, proses Pilkada di Kota Tomohon semuanya akan indah.

“Diawali pada awal dengan indah dan diakhir pada akhir yang juga indah karena ini agenda nasional yang besar yang harus kita sukseskan bersama,” pungkas Lolowang.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja (Pol PP) Syske Wongkar, Komisioner KPU Tomohon Jacobus Wowor, perwakilan Kajari, perwakilan Dandim 1302/Minahasa, Kapolsek Tomohon Selatan, sejumlah Camat dan rohaniawan.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Penulis Christo Senduk
Editor
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com