Connect with us

ZONA DAERAH

Bupati minta percepat pembayaran gaji Januari

Selambat-lambatnya dalam minggu ini sudah harus selesai

Bagikan !

Published

on

BOLMONG, ZONAUTARA.com – Hingga memasuki minggu ketiga Januari 2020, gaji pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) tak kunjung dibayarkan.

Hal itu disebabkan belum adanya pejabat pengelola keuangan di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk tahun anggaran 2020 ini.

Seperti biasa, di setiap tahun anggaran baru, pejabat pengelola keuangan di masing-masing perangkat daerah diperbarui. Mulai dari tahapan pengusulan nama hingga penerbitan surat keputusan (SK) bupati.

Ini menarik perhatian Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow. Top eksekutif Pemkab Bolmong itu mendesak seluruh pimpinan perangkat daerah untuk segera mengusulkan nama pejabat pengelola keuangan setiap perangkat daerah, mulai dari pengguna anggaran, kuasa pengguna anggaran, PPK, PPTK, bendahara dan lain sebagainya dalam bentuk surat keputusan bupati.

“Selambat-lambatnya dalam minggu ini sudah harus selesai,” kata Yasti.

Setelah itu, Bupati meminta untuk segera percepat pembayaran gaji pegawai untuk bulan Januari. Dengan begitu, kata dia, tidak ada lagi alasan bagi PNS tersebut untuk tidak masuk kantor.

“Percepat semua proses agar tidak menghambat pembayaran bagi pegawai,” sahutnya.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong, Rio Lombone menuturkan, sudah ada beberapa SKPD yang mengusulkan nama-nama pejabat pengelola keuangan. Hanya saja, menurut dia, masih menunggu SKPD yang lain. Karena SK bupati terkait pejabat pengelola keuangan itu dibuat kolektif. Dirinya optimis, gaji PNS mulai dibayar pekan ini.

“Tinggal beberapa SKPD yang belum memasukkan nama. Katanya Senin (hari ini). Setelah itu kita langsung terbitkan SK bupati. Sehingga proses pembayaran gaji bisa segera dilakukan,” tandasnya. (ite)

Editor: Ronny A. Buol

Bagikan !
Beri Donasi
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Zona Sulut

Bantu cegah virus corona, UNSRAT produksi masker APD dengan printer 3D

Unsrat juga memproduksi hand sanitizer dan tong cuci tangan.

Bagikan !

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.COM – Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado tidak tinggal diam saat pandemi covid-19 ini. Berbagai upaya diambil oleh UNSRAT untuk turut serta mencegah penularan virus corona.

Salah satunya dengan memproduksi berbagai barang kebutuhan baik yang diperlukan oleh tenaga medis maupun yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Deputi Wakil Rektor Bidang Akademik Unsrat Gustaf Mamangkey mengatakan kepada Zonautara.com bahwa salah satu yang sedang diproduksi oleh UNSRAT adalah produk masker untuk alat pelindung diri (APD).

“Masker untuk APD ini dibuat dengan bantuan printer 3D dan diproduksi oleh Tim Fakultas Teknik,” jelas Gustaf, Jumat (3/4/2020).

Adapun material masker dibuat dari bahan kaca untuk menghindari pancaran butir ludah secara langsung.

Selain masker untuk APD, Fakultas Teknik juga memproduksi tong cuci tangan dengan memperhitungkan kontaminasi pengguna.

Masker untuk APD yang diproduksi oleh Fakultas Teknik UNSRAT.

“Jadi tong cuci tangan itu kerannya dioperasikan dengan kaki, sehingga tak ada kontaminasi dengan tangan pengguna,” jelas Gustaf.

Tak mau ketinggalan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, juga memproduksi hand sanitizer.

Sementara itu Fakultas Kesehatan Masyarakat telah membentuk tim konsultasi online sekitar pandemik covid-19.

“Masyarakat luas dapat menghubungi nomor telepon yang ada, untuk berkonsultasi dengan tim UNSRAT,” kata Gustaf.

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com