Sering mendaki gunung? Ini 5 jenis tenda yang harus anda tahu

Suhandri Lariwu
Penulis Suhandri Lariwu



https://www.youtube.com/watch?v=2oNAMhVC6eE

ZONAUTARA.COM – Tenda merupakan peralatan utama yang harus dibawa oleh pendaki gunung, jika lebih dari satu hari. Pada saat ini tersedia banyak sekali model dan merk tenda yang dijual di toko-toko outdoor.

Sebelum anda membeli tenda, sebaiknya paham jenis-jenis tenda. Berikut lima jenis tenda yang perlu anda ketahui.

1. Tenda Dome (Kubah).

Tenda ini merupakan salah satu jenis yang populer di kalangan pendaki gunung. seperti namanya tenda ini memiliki ciri khas pada bentuknya yang melengkung seperti sebuah kubah. Tenda ini sangat cocok digunakan pada kegiatan alam bebas. Namun perlu diperhatikan tenda ini tidak cocok untuk cuaca yang ekstrem

2. Tenda Tunel

Jenis tenda ini memiliki bentuk seperti terowongan memanjang dan memiliki ruang yang cukup besar. Namun, kelemahan jenis tenda ini yaitu memiliki bobot yang terbilang berat jika dibandingkan dengan tenda dome.

3. Tenda Quick Pitch

Tenda ini merupakan salah satu jenis tenda modern dari model tenda sebelumnya. Tenda ini disebut memiliki kemudahan dalam mendirikannya, oleh karenanya jenis tenda ini cukup diminati oleh para petualang. Namun, tenda jenis ini tergolong memiliki harga yang cukup mahal.

4. Tenda Kubah Pop-up

Tenda ini terbilang cukup praktis dalam hal penggunaannya, bayangkan saja untuk mendirikan tenda ini Anda bisa melakukannya hanya dalam beberapa detik saja. Umumnya tenda ini tidak terlalu besar, bahkan hanya cukup satu-dua orang saja. Kendati demikian, untuk bisa memiliki tenda ini, kalian perlu merogok kocek lebih dalam, karena harganya yang mahal.

5. Tenda Inflatable (Udara)

Tenda yang tidak memiliki tiang ini adalah salah satu bentuk modernisasi alat-alat perkemahan. Cara mendirikan tenda ini adalah cukup memberikan angin yang banyak ke dalam panel yang berongga, sehingga panel tersebut memiliki struktur dan kaku. Akan tetapi, tenda ini memiliki bobot yang berat, harga yang cukup mahal dan untuk mencari yang ukuran sangat besar terbilang susah. Oleh karena itu, tenda ini jarang digunakan di spot petualangan ekstrim.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
1 Comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com