Connect with us

ZONAPEDIA

Sering mendaki gunung? Ini 5 jenis tenda yang harus anda tahu

Simak kelebihan dan kekurangannya.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.COM – Tenda merupakan peralatan utama yang harus dibawa oleh pendaki gunung, jika lebih dari satu hari. Pada saat ini tersedia banyak sekali model dan merk tenda yang dijual di toko-toko outdoor.

Sebelum anda membeli tenda, sebaiknya paham jenis-jenis tenda. Berikut lima jenis tenda yang perlu anda ketahui.

1. Tenda Dome (Kubah).

Tenda ini merupakan salah satu jenis yang populer di kalangan pendaki gunung. seperti namanya tenda ini memiliki ciri khas pada bentuknya yang melengkung seperti sebuah kubah. Tenda ini sangat cocok digunakan pada kegiatan alam bebas. Namun perlu diperhatikan tenda ini tidak cocok untuk cuaca yang ekstrem

2. Tenda Tunel

Jenis tenda ini memiliki bentuk seperti terowongan memanjang dan memiliki ruang yang cukup besar. Namun, kelemahan jenis tenda ini yaitu memiliki bobot yang terbilang berat jika dibandingkan dengan tenda dome.

3. Tenda Quick Pitch

Tenda ini merupakan salah satu jenis tenda modern dari model tenda sebelumnya. Tenda ini disebut memiliki kemudahan dalam mendirikannya, oleh karenanya jenis tenda ini cukup diminati oleh para petualang. Namun, tenda jenis ini tergolong memiliki harga yang cukup mahal.

4. Tenda Kubah Pop-up

Tenda ini terbilang cukup praktis dalam hal penggunaannya, bayangkan saja untuk mendirikan tenda ini Anda bisa melakukannya hanya dalam beberapa detik saja. Umumnya tenda ini tidak terlalu besar, bahkan hanya cukup satu-dua orang saja. Kendati demikian, untuk bisa memiliki tenda ini, kalian perlu merogok kocek lebih dalam, karena harganya yang mahal.

5. Tenda Inflatable (Udara)

Tenda yang tidak memiliki tiang ini adalah salah satu bentuk modernisasi alat-alat perkemahan. Cara mendirikan tenda ini adalah cukup memberikan angin yang banyak ke dalam panel yang berongga, sehingga panel tersebut memiliki struktur dan kaku. Akan tetapi, tenda ini memiliki bobot yang berat, harga yang cukup mahal dan untuk mencari yang ukuran sangat besar terbilang susah. Oleh karena itu, tenda ini jarang digunakan di spot petualangan ekstrim.

Bagikan !
Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 5 JENIS TENDA UNTUK KEGIATAN ALAM BEBAS – Suhandri Lariwu

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONAPEDIA

Banyak pulau tak berpenghuni di wilayah Nusa Utara

Sebutan Nusa Utara merujuk pada wilayah yang secara administratif pemerintahan terdiri atas tiga kabupaten di Sulawesi Utara.

Bagikan !

Published

on

Pulau pasige di Kabupaten Sitaro. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

ZONAUTARA.com – Jazirah Nusa Utara yang terletak di bagian utara Provinsi Sulawesi Utara ternyata memiliki banyak pulau yang tak berpenghuni.

Sebutan Nusa Utara merujuk pada wilayah yang secara administratif pemerintahan terdiri atas tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kabupaten Kepulauan Sitaro

Kabupaten yang beribu kota Ondong ini memiliki total 47 pulau. Jumlah tersebut terdiri dari 10 pulau berpenghuni dan 37 pulau tidak berpeghuni.

Wilayah kepulauan di Kabupaten Kepulauan Sitaro memiliki tiga gugusan pulau, yaitu Gugusan Pulau Siau, Gugusan Pulau Tagulandang, serta Gugusan Pulau Biaro. Pada masing-masing gugusan pulau tersebut terdapat pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Secara geografis, Kabupaten Kepulauan Sitaro terletak pada koordinat: 02° 4′ 13” – 02 52′ 47″ Lintang Utara (LU) dan 125° 09′ 28″ – 125° 24′ 25″ Bujur Timur (BT).

Kabupaten Kepulauan Sangihe

Kabupaten yang beribu kota Tahuna ini memiliki total 105 pulau. Jumlah tersebut terdiri dari 26 pulau berpenghuni dan 79 pulau yang tidak berpenghuni.

Wilayah kepulauan di Kabupaten Kepulauan Sangihe terdiri atas gugusan yang sangat variatif. Ada gugusan dengan jarak antarpulau yang berdekatan dan juga dengan jarak berjauhan.

Secara geografis, Kabupaten Kepulauan Sangihe terletak pada koordinat 2° 4’ 13” – 4° 44’ 22” LU dan 125° 9′ 28” – 125° 56′ 57” BT.

Kabupaten Kepulauan Talaud

Kabupaten yang beribu kota Melonguane ini memiliki total 17 pulau. Jumlah tersebut terdiri 7 pulau berpenghuni dan 10 pulau yang tidak berpenghuni.

Wilayah kepulauan di Kabupaten Kepulauan Talaud terdiri atas lima gugusan pulau, yaitu Gugusan Pulau Miangas, Gugusan Pulau Nanusa, Gugusan Pulau Karakelang, Gugusan Pulau Salibabu, dan Gugusan Pulau Kabaruan.

Secara geografis, Kabupaten Kepulauan Talaud terletak pada koordinat 3° 38′ 00” – 5° 33′ 00” LU dan 126° 38′ 00” – 127° 10′ 00” BT.

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com