Connect with us

ZONA TERKINI

10 jurnalis di BMR belajar storytelling guna reportase SR

Peserta berksempatan meraih pendanaan liputan.

Bagikan !

Published

on

Suasana pelatihan AJI-GRI di Kotamobagu. (Foto: Zonautara.com)

KOTAMOBAGU, ZONAUTARA.com – Sebanyak 10 jurnalis berbagai platform se-Bolaang Mongondow Raya (BMR) menjadi peserta Expanding Media Coverage and Advocacy Dialogue With Media on Sustainability Reporting yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, bekerjasama dengan Global Reporting Initiative (GRI) di Café Padepokan, Kota Kotamobagu, Sabtu, (15/02/2020).

Kegiatan yang juga digelar di sembilan kota se-Indonesia itu, bertujuan meningkatkan kapasitas serta pemahaman peserta, tentang pentingnya Sustainability Report (SR) sebagai sebuah informasi publik dan Storytelling dalam praktek kerja jurnalistik.

“Sebenarnya kegiatan ini adalah tindak lanjut dari pelatihan kepada sembilan penerima beasiswa AJI-GRI angkatan pertama. Selain itu, lewat kegiatan ini jurnalis didorong turut serta mendukung tujuan keberlangsungan guna mewujudkan perbaikan dan kesejahteraan bersama,” kata trainer AJI-GRI, Neno Karlina.

Menurut Neno, kuota peserta kali ini terbatas, dan diharuskan mengajukan usulan proposal liputan yang berpeluang menjadi penerima beasiswa selanjutnya.

“Ini sebenarnya merupakan kesempatan yang baik bagi teman-teman, khususnya yang ada di BMR untuk belajar lebih banyak. Karena, di samping mendapat pengetahuan baru, nanti peserta yang beruntung akan juga mendapatkan beasiswa dari AJI-GRI,” jelas Neno.

Selain Neno, kegiatan ini juga menghadirkan trainer lainnya, Rony Buol, yang mengasah pengetahuan peserta dalam menulis, juga Perwakilan dari AJI Manado yang diwakili oleh Supriadi Bado.

Meski berlangsung hingga malam, peserta antusias mengikuti kegiatan, termasuk saat praktek pengimlementasian SR dalam karya jurnalistik yang ditulis dengan pendekatan storytelling.

“Saya sangat bersyukur bisa menjadi salah satu peserta, kegiatan ini sangat membantu saya dalam memahami apa itu SR dan apa pentingnya storytelling. Apalagi trainernya keren dan sangat baik dalam mentransfer pengetahun ke peserta, sehingga lebih mudah dipahami,” ujar salah seorang peserta, Ainur Roffik.

Bagikan !
Beri Donasi

ZONA TERKINI

Sudah 7.924 orang diperiksa terkait corona di Indonesia

Published

on

ZONAUTARA.COM– Hingga kini sudah sekitar 7.924 orang yang diperiksa oleh tenaga medis di Indonesia terkait dengan covid-19. Pemeriksaan ini selain mencari orang yang terjangkiti, juga sebagai upaya memutus mata rantai virus corona.

“Jajaran kesehatan telah melaksanakan pemeriksaan lebih dari 7.924 orang, yang tentunya ini dikerjakan bersama dengan ribuan tenaga kesehatan baik di pusat maupun di daerah,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona, Achmad Yurianto di Kantor BNPB, Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Menurut Yuri, pemerintah akan terus menambah fasilitas pemeriksaan Covid-19, terutama laboratorium. Penambahan laboratorium bertujuan mempercepat penanganan corona dan menghentikan penyebarannya di Indonesia.

“Kita akan memperbanyak lagi fasilitas penguji untuk pemeriksaan covid-19. Seperti diketahui sekarang sudah ada 48 laboratorium yang beroperasi tentunya dengan kapasitas masing-masing,” kata Yurianto.

Baca juga: Sebaran 1986 kasus di Indonesia

Pemerintah juga saat ini sedang mengkonversi alat kesehatan lama sehingga bisa mendeteksi virus corona. Alat yang dikonversi ini adalah alat pemeriksaan penyakit TBC.

“Dan kita akan tambah lagi dengan mengaktifkan alat diagnostik semula dipakai pemeriksaan TBC ternyata secara teknologi bisa digunakan pemeriksaan COVID-19, ini cukup banyak dan tersebar di seluruh tanah air. Namun, masih diperlukan beberapa konversi mesin dan kemudian beberapa setting, kita akan kerja keras mengejar semuanya,” pungkas Yurianto.

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com