Connect with us

ZONA DAERAH

Uskup Rolly Untu tahbiskan Gereja Katolik Santo Petrus Stasi Kumelembuai

Published

on

Uskup Untu dan pastores bersama Gubernur, Wali Kota Tomohon, legislator Sulut Wenny Lumentut dan legislator Tomohon Carol Senduk di sela-sela pentahbisan dan peresmian Gereja Katolik Stasi Kumelembuai. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

TOMOHON, ZONAUTARA.comGereja Katolik di Keuskupan Manado kembali bertambah.

Kali ini, gereja Katolik Stasi Santo Petrus Kumelembuai, Paroki Roh Kudus Tomohon yang ditahbiskan dan diresmikan.

Pentahbisaan gereja yang merupakan bagian dari Kevikepan Tomohon ini dilakukan langsung oleh Uskup Keuskupan Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC, Minggu (16/2/2020).

Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey didampingi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut Wenny Lumentut dan juga Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman meresmikan secara langsung gereja ini yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita.

Uskup Manado dan Gubernur saat menandatangani prasasti. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

Uskup Untu dalam kesempatan tersebut pun mengaku bangga terhadap umat yang ada di Stasi Santo Petrus Kumelembuai, Paroki Roh Kudus Tomohon ini.

Pasalnya, walaupun hanya ada beberapa keluarga saja, Stasi tersebut mampu mendirikan sebuah rumah.

“Semuanya berawal karena ada umat Katolik sehingga kita semua bisa ada di sini. Gereja ini bisa selesai dan bisa dirayakan dalam sukacita iman,” ujar Uskup Untu.

Menurut Uskup Untu, melalui pemberkatan gereja tersebut, dapat disaksikan adanya sebuah kebersamaan antara umat dan juga kebersamaan antara umat dengan berbagai pihak yang hadir saat ini.

Wali Kota Tomohon saat menandatangani prasasti. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

“Dengan demikian, kita melihat kekuatan dari kebersamaan yang membuahkan banyak hal. Lewat pembangunan gereja ini kita bisa melihat kerjasama dari semua pihak,” tuturnya.

Uskup Untu pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang dengan rendah hati memberikan sumbangan untuk pembangunan gereja tersebut.

“Terima kasih kepada semua donatur dan pihak-pihak yang sudah membantu, bapak Gubernur hingga Wali Kota Tomohon. Kita berterima kasih untuk kerjasama ini. Kita berharap, bantuan pemerintah ini bisa jadikan masyarakat lebih sejahtera,” pungkasnya.

Pastor Paroki Roh Kudus yang diwakili Vikarius Episkopalis Kevikepan Tomohon Pastor Albertus Imbar Pr dalam sambutannya juga mengungkapkan kepada umat karena telah berusaha hingga gereja tersebut bisa berdiri megah.

Uskup Manado bersama Gubernur dan Anggota DPRD Sulut Wenny Lumentut saat melakukan pengguntingan pita. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

“Dalam usaha dan kebersamaan ada banyak hal yang terjadi, tapi itulah kehidupan. Mengolah konflik itu bagus dan hasilnya ada. Semoga kebersamaan hari ini, umat Stasi Kumelembuai bisa menjadi Stasi yang menjadi contoh dan teladan,” tuturnya.

Pastor Imbar pun turut berterima kasih kepada pemerintah yang telah membantu sehingga gereja Katolik Stasi Santo Petrus Kumelembuai ini bisa berdiri tegak.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang turut hadir dan menandatangani peresmian Gereja tersebut mengucapkan selamat kepada umat Katolik, khususnya yang ada di Stasi Kumelembuai yang telah memiliki gereja yang megah.

“Kehadiran gereja Katolik ini juga membantu program Pemerintah Provinsi dalam menjaga satu kesatuan dalam rangka meningkatkan iman umat,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman dalam sambutannya pun turut mengucapkan selamat kepada umat Katolik Stasi Santo Petrus Kumelembuai yang telah mampu mendirikan gereja.

“Proficiat kepada umat karena sudah bisa menyelesaikan gereja yang indah ini,” ungkapnya.

Uskup Untu bersama Wali Kota dan jajaran saat berfoto di depan gereja. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

Menurut Eman, Pemkot Tomohon akan terus bersama dengan umat untuk terus membangun gereja guna meluhurkan nama Tuhan.

“Kota Tomohon ditetapkan sebagai Kota yang Harmonis dan toleran. Sehingga, mari kita jaga penghargaan tersebut melalui kebersamaan, sehingga Kota Religius ini akan memberikan berkat masyarakat Kota Tomohon, serta menjadi bagi daerah lain di Sulut,” pungkasnya.

Usai pentahbisan dan peresmian gereja hingga misa syukur, dilanjutkan dengan perayaan syukur bersama seluruh umat yang digelar di bagian depan gereja.

Turut hadir dalam kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Tomohon Carol Senduk bersama sejumlah Anggota DPRD, jajaran Pemkot Tomohon, tokoh agama dan jemaat Kumelembuai, serta pimpinan dan umat Katolik se-Paroki Roh Kudus Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Beri Donasi

Zona Sulut

Bantu cegah virus corona, UNSRAT produksi masker APD dengan printer 3D

Unsrat juga memproduksi hand sanitizer dan tong cuci tangan.

Bagikan !

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.COM – Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado tidak tinggal diam saat pandemi covid-19 ini. Berbagai upaya diambil oleh UNSRAT untuk turut serta mencegah penularan virus corona.

Salah satunya dengan memproduksi berbagai barang kebutuhan baik yang diperlukan oleh tenaga medis maupun yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Deputi Wakil Rektor Bidang Akademik Unsrat Gustaf Mamangkey mengatakan kepada Zonautara.com bahwa salah satu yang sedang diproduksi oleh UNSRAT adalah produk masker untuk alat pelindung diri (APD).

“Masker untuk APD ini dibuat dengan bantuan printer 3D dan diproduksi oleh Tim Fakultas Teknik,” jelas Gustaf, Jumat (3/4/2020).

Adapun material masker dibuat dari bahan kaca untuk menghindari pancaran butir ludah secara langsung.

Selain masker untuk APD, Fakultas Teknik juga memproduksi tong cuci tangan dengan memperhitungkan kontaminasi pengguna.

Masker untuk APD yang diproduksi oleh Fakultas Teknik UNSRAT.

“Jadi tong cuci tangan itu kerannya dioperasikan dengan kaki, sehingga tak ada kontaminasi dengan tangan pengguna,” jelas Gustaf.

Tak mau ketinggalan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, juga memproduksi hand sanitizer.

Sementara itu Fakultas Kesehatan Masyarakat telah membentuk tim konsultasi online sekitar pandemik covid-19.

“Masyarakat luas dapat menghubungi nomor telepon yang ada, untuk berkonsultasi dengan tim UNSRAT,” kata Gustaf.

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com