bar-merah

Manfaat kolostrum terhadap sistem imun bayi

Oleh: Claudia Theresia Wongkar *

Dewasa ini, masalah yang sering terjadi di kalangan ibu yang memiliki bayi yaitu munculnya fenomena membuang air susu ibu (ASI) yang berwana kuning dan jernih serta menyerupai darah, yang keluar pertama kali sejak tiga hari pertama setelah melahirkan.

Hal itu terjadi karena mereka beranggapan bahwa ASI tersebut merupakan ASI yang sudah basi yang akan mengakibatkan bayi menderita sakit perut, sehingga mereka menggantinya dengan ASI yang berwarna putih.

Ini terjadi karena mereka tidak mengetahui dan kurangnya pengetahuan tentang ASI yang mereka buang tersebut, yang sebenarnya adalah Kolostrum.

Sebenarnya apa si Kolostrum itu?

Kolostrum adalah ASI yang pertama kali keluar sejak tiga hari pertama setalah melahirkan. Kolostrum ini berupa cairan yang berwarna kuning dan jernih yang menyerupai darah, serta merupakan cairan pelindung tubuh bagi sang bayi serta mengandung zat anti infeksi dan protein yang sangat tinggi.

Kolostrum ini juga berperan penting dalam sistem imun bayi atau sistem kekebalan tubuh bayi. Manfaat yang terdapat dalam kolostrum yaitu:

  1. Membantu menguatkan sistem imun bayi yang baru lahir.
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh bayi.
  3. Membantu mencegah sakit kuning pada bayi dengan cara mengeluarkan zat-zat sisa berbahaya dari tubuh bayi.
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh bayi dari serangan virus serta bakteri.
  5. Mengandung banyak komponen antibodi, suatu agen anti kuman alami yang bisa menstimulasi pematangan sistem imunitas bayi baru lahir.

Tak hanya itu, di dalam kolostrum yang hanya diperoleh dari ASI ini juga, mengandung zat kekebalan untuk tubuh si bayi yakni IgA (Immunoglobin A) yang bekerja untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi terutama diare.

Mengapa diare? Hal ini karena cairan kolostrum ini, yang pertama kali masuk kedalam sistem pencernaan sehingga cairan kolostrum membentuk suatu pelapis di lambung dan usus bayi yang dapat mencegah penempelan kuman penyebab penyakit khususnya bakteri yang dapat membuat sang bayi menderita diare.

Maka dari itu, ketika kita sudah menjadi seorang ibu, penting memberikan ASI kepada anak kita. Hal itu karena di dalam ASI terdapat kolostrum yang sangat dalam sistem imun bayi kita, yang ketika kita tidak memberikannya maka itu akan berdampak buruk bagi perkembangan sistem imun anak kita nanti.

Perlu diingat bahwa kolostrum itu tidak bisa didapatkan dari susu formula.

* Penulis adalah Mahasiswa Fakultas Keperawatan Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Katolik De La Salle Manado



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com