bar-merah

Mengenali perubahan biologis dan tips mempertahankan kesehatan pada lansia

Ilustrasi dari Pexels.com

Oleh: Anike Mararu *

Penuaan adalah proses alamiah yang akan dialami oleh semua manusia, ditandai dengan penurunan kapasitas dan fungsi jaringan tubuh seiring dengan pertambahan usia.

Perubahan yang dialami tubuh meliputi beragam hal, diantaranya perubahan sistem integumen, sistem respirasi perubahan sistem muskuloskletal, bahkan perubahan pada otak dalam menjalankan fungsinya. 

1. Perubahan sistem integumen

Seiring bertambahnya usia kulit akan kehilangan elastisitas sehingga akan mengendur dan keriput, terdapat flek-flek hitam dan penebalan keratin/keratosis. 

2. Perubahan bagian kepala dan leher

Pada mata akan terjadi penurunan fungsi penglihatan dan rentan terhadap penyakit katarak, terjadi penurunan fungsi pendengaran dan penciuman, telinga dan hidung tampak lebih besar, penurunan indera pengecap sehingga lansia rentan terhadap penyakit diabetes

3. Perubahan sistem respirasi/pernapasan

Pada lansia terjadi penurunan massa atau kekuatan otot pernapasan .

4. Perubahan sistem kardiovaskuler

Pada lansia terjadi penurunan dan pembengkakan otot jantung. Biasanya denyut nadi perifer atau denyut nadi ekstermitas bawah lebih lemah dibanding denyut nadi ekstermitas atas.

5. Perubahan gastrointestinal dan abdomen 

Lansia akan kehilangan gigi sehingga intoleransi terhadap makanan, lebih sering BAB, mual dan muntah dan lebih sering cepat kenyang.

6. Perubahan sistem reproduksi

Pada wanita terjadi penurunan selaput lendir/telur yang sering dikenal dengan menopause sedangkan pada pria fungsi reproduksi masih tetap bagus hingga usia 90 tahun. Untuk perubahan payudara pada wanita akan terjadi kekenduran dan mengecil sedangkan pada pria akan terjadi pembesaran payudara.

7. Perubahan sistem perkemihan

Pada pria akan terjadi pembesaran prostat sehingga terjadi retensi urin dan ketidakmampuan dalam mengontrol pengeluaran urin, sedangkan pada wanita terjadi penurunan kekuatan otot sehingga terjadi ketidakmampuan dalam mengontrol pengeluaran urin.

8. Perubahan sistem muskuloskeletal

Pada usia lanjut tulang menjadi lebih rapuh dan tipis sehingga memungkinkan terjadi osteoporosis. Kondisi ini meningkatkan resiko patah tulang. Bukan hanya itu pada lansia rentang terjadi pembungkukan/kifosis, gangguan mobilisasi, dan femur pada bagian leher.

9. Perubahan pada otak dan sistem saraf

Semakin bertambah usia terjadi penurunan ukuran saraf, Parkinson/tremor, penurunan reflex tubuh dan perubahan kualitas tidur. Pada lansia dapat terjadi kerusakan sel pada otak dan saraf sehingga dapat menimbulkan suatu kondisi yang dikenal dengan demensia.

Tips mempertahankan kesehatan lansia

Lansia lebih rentan terhadap gangguan kesehatan untuk itu harus mengetahui tips atau cara menjaga kesehatan lansia agar tetap berjalan dengan baik dan sehat.

1. Olahraga 

Olahraga yang dimaksud disini adalah olahraga ringan, yaitu dengan berjalan santai sesuai dengan kemampuan fisik dalam mengatur langkah dan jarak, agar daya tahan tubuh bisa menjadi stabil  dan tak lupa juga mengonsumsi susu dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.

2. Istirahat yang cukup

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat di usia lanjut perbiasakan istirahat yang cukup. Istirahat dalam sehari setidaknya 7-8 jam. Istirahat yang cukup dapat memperbaiki sel-sel tubuh, menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil dan terhindar dari stress.

3. Jaga pola makan

Konsumsi menu yang kaya serat, rendah lemak, dan bebas kolesterol. Frekuensi makan 4x sehari dengan porsi kecil dan menjaga pola makan dapat mencegah obesitas dan diabetes. Jangan lupa juga untuk hindari konsumsi makanan siap saji, dan alkohol serta merokok.

4. Tetap membaca

Mengapa membaca ini penting dalam menjaga kesehatan lansia, karena dengan membaca dapat mengurangi resiko terhadap penyakit penurunan daya ingat seperti alzheimer atau demensia.

* Penulis adalah mahasiswa di Unika De La Salle Manado



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com