bar-merah

Di pulau terluar Miangas, langkah antisipatif virus corona tetap dilakukan

Aktivitas saat kapal bersandar di dermaga Pelabuhan Miangas. (Foto: Zonautara.com/Suhandri Lariwu)

MIANGAS, ZONAUTARA.com – Dampak penyebaran virus corona terasa hingga ke berbagai pelosok Nusantara. tak terkecuali di pulau Miangas yang merupakan pulau terluar di utara Indonesia.

Maraknya pemberitaan mengenai virus corona, membuat stakeholder yang ada di Kecamatan Khusus Miangas, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara mengambil langkah antisipatif terhadap penumpang kapal yang masuk ke Miangas.

Langkah pencegahan penyebaran virus corona dilakukan dengan cara pemeriksaan kesehatan dan pembagian masker kepada semua penumpang yang turun dari kapal dan akan naik ke kapal.

Pihak Syahbandar Miangas bekerja sama dengan beberapa stakeholder melakukan pengawasan di pelabuhan yang menjadi jalur utama transportasi bagi masyarakat Kecamatan Khusus Miangas.

Anggota TNI memasang masker kepada calon penumpang kapal laut di Pelabuhan Miangas. (Foto: Zonautara.com/Suhandri Lariwu)

“Ini dilakukan sebagai upaya ikut mencegah penyebaran virus corona,” ungkap Syahbandar Kecamatan Khusus Miangas, Alfrets Wello, Selasa (17/3/2020).

Walaupun dengan peralatan seadanya, petugas medis di Kecamatan Miangas memastikan bahwa tidak ada penumpang yang turun dari kapal yang memiliki gejala tertular virus corona.

“Memang untuk peralatan pemeriksaan virus corona kami (Puskesmas) belum ada, tapi kami sebisa mungkin mengenali ciri-cirinya. Saat pemeriksaan tidak ditemukan penumpang dengan indikasi terjangkit virus corona seperti flu dan panas tinggi”, kata Cristelin Ginto, salah satu tenaga medis yang berada di pelabuhan.

Langkah antisipatif ini dilaksanakan oleh seluruh stakeholder diantaranya unsur TNI, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa di Miangas,dan unsur Kepolisian, Pihak Syahbandar Miangas serta petugas medis.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com