Donasi penanganan covid-19 terkumpul Rp 72,2 Miliar

Gary Kaligis
Penulis Gary Kaligis



JAKARTA, ZONAUTARA.COM – Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah menerima donasi lebih dari Rp72,2 miliar untuk mendukung penanganan Covid-19 yang berasal dari berbagai pihak. Bantuan yang merupakan hibah dalam negeri tersebut diterima melalui dua jenis rekening, yakni rekening bank dan rekening relawan.

“Donasi kita, patut disyukuri bahwa pada hari ini sudah mencapai lebih dari Rp72,2 miliar rupiah,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto, Kamis (2/4).

Selain bantuan dana hibah dalam negeri, Pemerintah juga mengapresiasi relawan yang tergabung untuk penanganan Covid-19. Relawan kesehatan yang berada di daerah telah membantu penyelidikan epidemiologi dengan melakukan kegiatan pelacakan kasus Covid-19 dan telah berhasil mengumpulkan lebih dari 7193 spesimen. Spesimen ini akan diperiksa untuk mengetahui positif atau negatif Covid-19.

Kegiatan untuk mencari dan menemukan kasus positif Covid-19 di tengah masyarakat harus tetap dilakukan. Karena dengan menemukan kasus positif di masyarakat maka upaya isolasi dan karantina bisa segera dilakukan agar tidak terjadi penularan penyakit kepada orang lain.

Dalam hal ini, Pemerintah kembali menekankan pentingnya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 yang mana masyarakat harus secara konsisten disiplin menjaga jarak aman antara dua meter dalam berkomunikasi sosial agar tidak terjadi penularan secara langsung dari orang yang positif kepada orang lain yang rentan.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tetap menghindari kegiatan-kegiatan yang penuh sesak dan yang sifatnya berkumpul, atau menghindari kerumunan.

Sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan Covid-19 yang tak kalah pentingnya, masyarakat juga harus membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun pada air yang mengalir setidak-tidaknya 20 detik, dan diam di rumah.

“Lebih aman berada di rumah. Oleh karena itu, tetaplah berada di rumah. Bekerjalah dari rumah. Kemudian, belajarlah dari rumah dan beribadahlah di rumah,” tutup Yurianto. (*)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com