bar-merah

Token gratis PLN untuk Mei sudah bisa diakses

listrik gratis
Ilustrasi dari Shutterstock

ZONAUTARA.COM – Bagi pelanggan listrik dari PLN berkapasitas 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA bersubsidi sudah bisa mengambil token gratis untuk bulan Mei.

Sebagaimana yang diputuskan oleh Presiden Joko Widodo, bagi pelanggan listrik berkapasitas 450 VA mendapat pembebasan tagihan listrik untuk tiga bulan, dan pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi mendapat pengurangan tarif 50 persen.

Jika pelanggan menggunakan meteran listrik prabayar atau menggunakan token, maka token listriknya sudah bisa diambil.

Caranya dengan mengakses situs https://portal.pln.co.id/. Dari tampilan yang muncul, klik bagian “Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).

Setelah itu akan muncul form, yang meminta pelanggan mengisi ID Pelanggan atau nomor meter. Token gratis kemudian akan ditampilkan, yang bisa disalin lalu isi di meter prabayar.

Selain dengan cara mengakses lewat situs, pelanggan juga dapat mengaksesnya lewat Whatsapp.

Kirim pesan apa saja ke nomor 08122123123. Tunggu balasan. Masukkan ID pelanggan, kemudian token listrik gratis akan ditampilkan, yang kemudian bisa dimasukkan ke KWh meter.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana memaparkan pemerintah akan memberikan keringanan sejumlah penggunaan maksimum KWh selama tiga bulan ke belakang.

Untuk golongan 450 VA, mulai April, Mei, hingga Juni akan mendapatkan listrik gratis sebesar jumlah penggunaan maksimum di tiga bulan sebelumnya dari Januari ke Maret.

“Untuk prabayar golongan 450, atau yang beli token, itu diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan. Kami dan PLN, sudah punya profile-nya pelanggan dan mereka ketahuan beli maksimumnya dalam 3 bulan terakhir itu berapa,” kata Rida lewat video conference kepada wartawan, Rabu (1/4/2020) lalu.

“Itulah yang kita berikan secara gratis 3 bulan ke depan, angka maksimumnya dia beli selama 3 bulan kemarin,” sambungnya.

Sementara itu untuk pelanggan prabayar golongan 900 VA, pemerintah tetap menggunakan angka pembelian listrik maksimum selama tiga bulan sebelumnya. Nantinya, setengah jumlah listrik dari angka tersebut akan digratiskan.

“Sementara untuk prabayar atau token 900 VA, persis seperti yang 450 VA hanya saja mereka tidak gratis, mereka hanya mendapatkan daya gratis 50% dan itu berlaku tiga bulan untuk April, Mei, dan Juni,” ujar Rida.

Editor: Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com