bar-merah

5 Days of War: kisah para jurnalis di medan perang

ZONAUTARA.COM – Aksi yang menceritakan keberanian para jurnalis meliput di medan perang, bisa disaksikan pada film yang berjudul 5 Days of War. Film yang ditayangkan Trans 7, Jumat (8/5) kemarin itu dibintangi Rupert Friend dan Emmanuelle Chriqui.

Rupert berperan sebagai Thomas Anders, seorang jurnalis asal Amerka yang nekat meliput perang antara Rusia dengan Republik Georgia. Sementara Emmanuelle berperan sebagai Tatia, wanita lokal di Georgia yang lolos dari ancaman maut perang.

Selain itu, ada Richard Coyle sebagai Sebastian Ganz, Heather Graham sebagai Miriam, Johnathon Schaech sebagai Rezo Avaliani, dan sederet aktor lainnya.

Film yang disutradarai oleh Renny Harlin serta penulis Miko Alanne dan David Battle itu menceritakan kisah nyata saat terjadinya penangkapan Thomas, serat juru kameranya, dan Tatia di wilayah musuh.

Ketiga orang ini bertekad bukan hanya untuk tetap bertahan hidup melainkan mereka ingin memberi tahu seluruh dunia tentang kondisi perang yang berlangsung selama 5 hari antara Rusia dan Republik Georgia pada tahun 2008.

Thomas nekat meliput situasi perang,  meski dia menyadari bahwa tindakannya itu sangat berbahaya yang penuh dengan berbagai risiko termasuk kematian.

Sebelumnya rekan Thomas sesama jurnalis meninggal dunia setelah berusaha meliput situasi perang di Irak. Meski begitu Thomas tetap teguh melakukan liputan agar kondisi tersebut bisa ia sampaikan ke seluruh dunia.

Kisahnya bermula setahun setelah perang Irak, Thomas berangkat menuju Georgia setelah ia menerima informasi dari salah satu rekannya. Tak hanya sendirian, Thomas ditemani oleh juru kamera yakni Richard Coyle.

Mereka terlebih dahulu mempelajari banyak hal tentang Georgia sebelum akhirnya tiba di wilayah yang rawan akan konflik bersenjata di Ossetia Utara.

Tak lama setelah Thomas dan Coyle tiba di Georgia, mereka terjebak dalam baku tembak dan serangan udara saat konflik kian memanas.

Namun berkat bantuan Tatia dan tentara Georgia Rezo Avaliani, mereka berhasil lolos dari ancaman maut tersebut. Rezo ternyata merupakan tentara yang pernah membantu Thomas saat berada di Irak setahun lalu.

Keberadaan Rezo membuat misi Thomas bertambah, ia berencana meliput tindak kekejaman yang dilakukan pihak Rusia kepada Georgia.

Atas bantuan Rezo, Thomas berhasil merekam kejadian tersebut. Namun pihak Rusia mengetahui aksinya dan berusaha menggagalkan aksi Thomas.

Thomas semakin dipersulit terlebih Olimpiade 2008 sedang digelar yang membuatnya harus memutar otak agar dunia tidak menutup mata terhadap perang tersebut.

Film 5 Days of War mendapatkan skor 36 persen di Rotten Tomatoes dan rating 5,6 di IMDb.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com