bar-merah

Fakta unik tentang bumi dan kehidupan (seri 1)

Bola Bumi atau Globe
Ilustrasi dari Pixabay.com

ZONAUTARA.COM – Kita hidup di sebuah planet bernama bumi. Manusia memang telah menempati bumi selama ribuan tahun, namun faktanya masih ada banyak teka-teki yang belum terpecahkan tentang planet ketiga dalam tata surya ini. Bahkan, sampai saat ini para ilmuwan belum bisa menemukan planet dengan sumber daya yang mampu menunjang kehidupan layaknya bumi.

Bumi juga menjadi rumah bagi 7,3 milyar manusia dengan segala potensi sumber daya alamnya. Padahal, setiap harinya, ada jutaan meteor yang menghujani atmosfer bumi. Bayangkan, jika planet kita tidak memiliki ‘benteng’ pertahanan diri, makhluk hidup yang tinggal di bumi tentu akan binasa dalam sekejap.

Tak hanya itu, ternyata masih banyak misteri alam, pun fakta-fakta unik di planet indah ini yang masih tidak terpecahkan ataupun diketahui secara umum. Bagaimana dengan kamu? Seberapa jauh kamu tahu tentang planet yang kita diami ini? Dilansir dari akun Youtube Sisi Terang, berikut ini beberapa fakta unik yang mungkin saja belum kamu ketahui mengenai planet ini !

Gunung api bisa menghasilkan petir

Tahukah kamu, ketika terjadi erupsi, gunung bisa menghasilkan petir. Ribuan partikel debu akan dihasilkan saat gunung meletus. Gesekan antara partikel debu tersebut menghasilkan listrik statis yang menumpuk dan kemudian menjadi petir.

Fobia

Fobia yang paling umum adalah akrofobia atau takut ketinggian, aerofobia takut terbang, hidrofobia takut berenang, autofobia takut ditinggal sendiri, dan sebagainya. Akan tetapi ada beberapa fobia yang unik diderita. Diantaranya onomatofobia takut nama, nefofobia takut awan, mnemofobia takut akan kenangan, bahkan cokelatfobia takut cokelat.

Manusia tanpa tidur

Sumber: Pixabay.com

Tahukah kamu, waktu terpanjang yang bisa dihabiskan seseorang tanpa tidur adalah sebelas setengah hari. Atau setara 276 jam. Apakah kamu pernah mencobanya?

Gummy bear terbesar di dunia

Gummy bear terbesar pernah diproduksi di Amerika Serikat. Beratnya setara setengah kucing rumahan pada umumnya atau 1400 gummy bear biasa.

Air terjun merah darah

Sumber: Wikipedia

Di Antartika ada air terjun berwarna merah darah yang mengalir di atas Taylor Glacier. Airnya dipenuhi besi oksida yang pada dasarnya hanyalah karat. Besi oksida ini lah yang menciptakan rona merah mengerikan pada aliran air ini.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com