bar-merah

Pemkab Bolmut dan Imigrasi Kotamobagu antisipasi human trafficking

Imigrasi Kotamobagu
Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di Kabupaten Bolmut. (Foto Moh Firmansyah Goma Humas Pemkab Bolmut)

BOROKO, ZONAUTARA.COM – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Bolmut, Rachmat Pontoh, membuka secara resmi Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Bolmut yang bertempat di Hotel Boroko.

Bupati Bolmut melalui oleh Asisten Sekda menyampaikan terima kasih kepada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu yang telah memprakarsai kegiatan ini.

“Rapat Timpora sangat penting dalam menyatukan sinergitas pengawasan orang asing, yang dilakukan oleh instansi terkait yang berbeda latar belakang tugas dan fungsinya serta keterpaduan dalam mengamankan kebijakan selektif terhadap orang asing yang berada dan berkegiatan di wilayah Indonesia,” ujar Pontoh, Selasa (7/7/2020).

Dirinya berharap semua pihak terkait dapat menyamakan persepsi.

“Agar nantinya bisa mendapatkan data dan informasi tentang keabsahan dan kegiatan orang asing di daerah sesuai bidang tugas masing-masing,” tambah Pontoh.

Pontoh juga mengatakan, dari posisi yang sangat strategis sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang maka sangat potensial diboncengi oleh kepentingan lain secara ilegal dan tidak bertanggung jawab.

“Misalnya perdagangan manusia (human trafficking), penyelundupan manusia, lalu lintas barang terlarang serta kepentingan bernuansa politik, ekonomi, sosial budaya yang mengancam stabilitas negara dan daerah,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala Sub Bidang Intelijen Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulut Agus Rahadi, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu Joni Rumagit SH, Kepala Kantor BNN Bolmong Yuli Setiawan, Kepala Kantor Kementerian Agama Bolmut Amran Lamarang, Kasi Intel Kejari Bolmut Bayu, SH dan TNI Polri serta perwakilan SKPD terkait. (FM)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com