bar-merah

Sedang mengetik skripsi di Ms Word? Intip tips dan triknya (bagian 3)

Menulis skripsi
Menulis skripsi / Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.COM – Tips terakhir yang akan dibagikan adalah megenai pengaturan page number dalam tulisan karya ilmiah.

Biasanya untuk menulis karya ilmiah mengharuskan penggunaan beberapa model penomoran halaman. Misalkan untuk bagian opening seperti kata pengantar, daftar isi, abstrak dan lainnya menggunakan angka romawi selanjutnya penggunaan nomor halaman dengan angka biasa.

Kadangkala banyak yang masih bingung dan kesusahan dalam mengatur penomoran halaman ini. Berikut tutorialnya. Simak terus ya!

Pertama-tama buat penomoran untuk lembar kerja kamu. Caranya, pada region “insert” klik menu “page number” dan pilihlah model nomor halaman sesuai halaman.

Untuk mengubah beberapa halaman dengan model penomoran berbeda perhatikan bahwa kamu harus membagi lembar kerjamu ke beberapa section. Hal ini berguna untuk mencegah agar ketika kamu mengedit tipe nomor halaman tertentu tidak diterapkan pada semua halaman. Ikuti tutorial berikut. Mudah kok!

• Double klik pada nomor halaman lembar kerjamu, maka akan aktif mode untuk mengedit header & footer. Disitu terdapat kode bertuliskan “section 1” dan “same as previous”.

• Pindah ke region “page layout”. Arahkan dan klik kursor mu pada akhir halaman yang akan dipisahkan dengan halaman sebelumnya. Misalnya pada halaman kata pengantar, klik kata terakhir. Masih di region “page layout”. Pilih menu “breaks” pada toolbar “page setup”. Klik “next page”.

• Sekarang coba double klik kembali pada nomor halaman kata pengantar tadi. Setelah mode edit header dan footer aktif. Silahkan cek, kamu akan mendapatkan kode “section 1” tadi menjadi “section 2”. Hal ini menunjukkan kamu berhasil memisahkan halaman ini dari halaman sebelumnya ke section yang berbeda

• Untuk memberi format penomoran berbeda, masih pada mode edit header dan footer, klik “page number – format page number”. Setelah katalog box pengeditan muncul, kamu bisa mengubah “number format” sesuai kebutuhan.

• Centang pada “continue from previous section” di ganti ke “start at” lalu masukkan urutan awal penomoran halaman sesuai halaman.

• Anda suda bisa membuat perbedaan format footer dari halaman cover dengan halaman kata pengantar.

• Untuk membuat perbedaan penomoran halaman lagi ketika memasuki bagian bab pertama, anda bisa menggunakan cara yang sama untuk memisahkan penomoran halamannya.

Sekian tips yang dibagikan agar proses pengeditan karya ilmiahmu tidak menguras banyak energi dan tentunya dilakukan dalam waktu yang singkat. Semoga bermanfaat!



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com