Tetap sehat saat pandemi, Simak berapa faktor dalam keseharianmu yang berpengaruh

Kontributor: Zahra
Penulis Kontributor: Zahra
Ilustrasi dari Pexels.com



ZONAUTARA.COM – Kesehatan pribadi merupakan salah satu hal yang penting untuk dijaga setiap saat. Hal ini bertujuan agar semua kegiatan yang direncanakan bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Kadang kesehatan terlihat sebagai sesuatu yang sepele, padahal di saat yang bersamaan dibutuhkan ketelitian dalam mengatur gizi yang didapatkan dari asupan makan harian yang seimbang dengan kualitas gizi terjamin.

Terlebih dalam kondisi pandemi seperti ini, penting untuk menjaga kesehatan. Imunitas dan kesehatan tubuhmu sangat berpengaruh seberapa rentan kamu terhadap resiko penularan dari virus.

Tahukah Anda bahwa di balik tubuh yang kuat terdapat beberapa pengaruh dari berbagai sisi? Dibutuhkan pola makan dengan gizi yang seimbang untuk mendukung agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga sehat, dan mampu melawan bakteri dan kuman penyebab penyakit.

Ada beragam faktor yang memengaruhi kesehatan pribadi. Apa saja faktor tersebut? Diantaranya merupakan bagian dari keseharianmu.

Berikut 5 di antaranya yang penting untuk Anda ketahui!

Udara yang dihirup

Salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan pribadi yang utama yaitu udara yang dihirup selama ini. Pencemaran udara yang terjadi semakin parah dapat menjadi pemicu kesehatan yang semakin rentan terserang oleh penyakit.

Untuk mengurangi masalah tersebut, Anda bisa mulai menanam berbagai jenis tanaman hijau di pekarangan rumah atau di depan jendela. Hal ini berfungsi untuk menjaga udara di dalam rumah tetap baik.

Air minuman yang bersih

Faktor yang memengaruhi kesehatan pribadi selanjutnya yakni air. Pasalnya, tubuh manusia mengandung hampir 80% air. Oleh karena itu, zat ini sangat penting untuk tubuh kita.

zonautara.com
Pexels.com

Tentunya Anda perlu memastikan minuman yang dikonsumsi merupakan air segar yang tidak terkena campuran zat berbahaya akibat pencemaran dari polusi dan bakteri penyebab penyakit.

Tingkat istirahat yang cukup

Memiliki kualitas tidur yang cukup juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan pribadi. Anda bisa menjaga tubuh tetap bugar dengan memastikan telah memiliki pola tidur yang baik. Minimal tujuh hingga delapan jam per harinya.

zonautara.com
Pexels.com

Saat istirahat, semua organ dalam tubuh kita pun akan bekerja dengan lebih baik sambil memulihkan energinya. Selain itu, proses pembuangan racun dari tubuh pun berjalan lebih baik. Jadi, pastikan Anda menjaga pola tidur dengan baik.

Aktivitas tubuh yang mengeluarkan kalori

Hal yang tidak boleh dilewatkan dalam faktor yang memengaruhi kesehatan pribadi adalah aktivitas fisik yang mampu mengeluarkan kalori. Aktivitas seperti ini biasanya dilakukan dengan olahraga. Anda bisa melakukan beberapa olahraga ringan namun tetap membakar kalori seperti lari pagi atau sore selama 30 menit.

zonautara.com
Pexels.com

Lalu, dilanjutkan dengan melakukan gerakan kardio lainnya yang disesuaikan juga pada kemampuan fisik. Mulailah dari yang ringan dulu lalu tingkatkan secara perlahan setiap waktunya. Untuk hasil yang maksimal jangan lupa melakukannya secara konsisten setiap hari.

Faktor makanan yang dikonsumsi

Makanan yang dikonsumsi penting untuk diperhatikan. Hindari makanan yang dapat menjadi tumpukan sampah di dalam tubuh seperti jeroan yang memiliki banyak lemak jenuh. Mulailah beralih pada makanan sehat seperti sayuran, buah, dan jenis makanan lainnya yang bergizi seimbang.

zonautara.com
Makanan segar / Pexels.com

Itulah 5 faktor yang mempengaruhi kesehatan pribadi. Walaupun Anda sudah mengetahuinya, namun hal ini tidak menjamin kesehatan secara penuh. Karena banyak faktor lain yang juga berpengaruh.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com