bar-merah

Cara memilih sepeda lipat sesuai kebutuhan

Sepeda lipat
Ilustrasi dari Pexabay.com

ZONAUTARA.COM – Akhir-akhir ini bersepeda menjadi aktivitas yang semakin populer. Toko sepeda dan bengkel sepeda pun ikut ramai. Salah satu model sepeda yang menarik banyak peminat sepeda lipat.

Apakah kamu juga pecinta sepeda lipat? Ukurannya yang relatif lebih kecil dibanding sepeda konvensional membuat sepeda ini memiliki fungsi lebih fleksibel dan mudah dibawa. Selain untuk berolahraga sepeda ini bisa menjadi alternatif transportasi kamu loh. Hingga muncul istilah “bike to work” yang semakin gencar digemborkan oleh banyak orang, termasuk komunitas sepeda. Selain lebih menyehatkan, transportasi ini pun ramah lingkungan. Nah apa kamu tertarik memiliki sepeda ini!

Memilih sepeda lipat mungkin bagi sebagian besar orang tampak sebagai sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Padahal, dari sekian banyak pilihan di luar sana yang tersedia, banyak orang yang mungkin menyesal karena sepeda lipat yang dibelinya tidak sesuai dengan preferensinya, terutama bila dibandingkan dengan berbagai pilihan sepeda lipat lain. Apalagi, ada saja sepeda lipat keluaran terbaru yang mungkin sesuai dengan preferensi atau pun kebutuhan.

Nah, bagi kamu yang ingin membeli sepeda lipat, jangan terburu-buru agar tidak salah pilih, coba manfaatkan 5 cara memilih sepeda lipat yang tepat untuk berbagai kebutuhan kamu seperti berikut.

Pilih berdasarkan tipe sesuai kebutuhan

Faktor pertama yang harus menjadi pertimbangan kamu adalah memilih sepeda lipat berdasarkan tipenya. Pada dasarnya sepeda lipat lebih efisien dan praktis untuk dibawa-bawa, dan fungsinya di antara sepeda lipat lain sebenarnya sama saja.

Yang membedakan mungkin adalah tipenya. Ada yang bertipe city tour atau pun sepeda lipat gunung. Ada diferensiasi tipe antara brand lokal, indie, maupun yang sudah terkenal.

Istimewa

Diferensiasi utama dari segi brand, umumnya brand terkenal memiliki desain yang lebih menarik dan komponen utama yang lebih berkualitas dan kuat. Tapi jangan pusing karena setiap brand memiliki keunikan desain tersendiri.

Perhatikan juga preferensi lain seperti transmission gear type, electric-assisted, compact model, komponen utama, aksesori tambahan, fitur lain, dan daya tahannya.

Perhitungkan massa jenis atau berat secara keseluruhan

Terlalu berat pun akan mengurangi efisiensi dan kepraktisannya karena sepeda lipat umumnya dikenal memiliki efisiensi dan lebih praktis dibandingkan dengan sepeda biasa.

Istimewa

Pertimbangkanlah untuk memilih sepeda lipat dengan massa jenis total antara 10 kg hingga 20 kg. Jangan terlalu berat. Cocokkan dengan tenaga kamu sendiri agar sesuai dengan beban berat yang bisa kamu bawa ke mana-mana.

Semakin ringan, semakin nyaman bagi kamu. Dengan demikian, membopong sepeda kemana pun kamu pergi akan terasa lebih mudah dan praktis.

Perhatikan ukuran ban demi kenyamanan berkendara

Pada dasarnya, semakin kecil ukuran ban sepeda, semakin mudah ia untuk dilipat dan dibawa ke mana-mana. Karena esensi sepeda lipat adalah kemudahan dan kepraktisannya, pertimbangkanlah ukuran ban sepeda lipat yang nantinya kamu beli lebih kecil dan ringan.

Normalnya, ukuran ban sepeda lipat berkisar antara 14 hingga 20 inci. Semakin kecil ukurannya, semakin ringan dan mudah untuk dilipat. Namun, ukuran ban sepeda lipat yang lebih kecil tidak menjamin kenyamanannya saat dikendarai. Maka dari itu, upayakan agar sepeda lipat yang ingin kamu beli punya rentang ukuran antara 15 hingga 18 inci saja.

Perhatikan cara melipat dan bagaimana lipatannya

Sudah barang pasti bahwa setiap sepeda lipat dari berbagai tipe dan brand memiliki cara melipat yang berbeda-beda, begitu pun dengan bentuk lipatannya. Yang pasti, setiap sepeda lipat memiliki komponen untuk lipatan di bagian kerangka utama dan stang sepeda.

Ada juga sepeda lipat yang hampir semua komponennya bisa dilipat-lipat. Memang, akan semakin mudah dibawa-bawa apabila sepeda bisa dilipat hingga bentuk terkecilnya. Namun, semakin banyak komponen yang perlu dilipat akan semakin ribet bagi kamu, kan?

Nah, inilah salah satu hal yang harus kamu jadikan bahan pertimbangan utama sebelum membeli sepeda lipat.

Jangan lupa untuk memperhitungkan harganya

Salah satu yang penting dalam daftar ini adalah harga. Memang, menyoal harga, hampir semua orang sependapat bahwa harga menentukan kualitas. Namun, tidak berarti bahwa semakin mahal harganya, sebuah sepeda lipat akan semakin berkualitas. Tidak berlaku demikian.

Istimewa

Apabila kamu mendapati dua sepeda lipat dengan komponen dan kualitas serupa dengan harga yang berbeda, perhitungkan untuk membeli sepeda lipat yang lebih murah.

Dari segi kualitas tidak akan jauh berbeda, tetapi kamu masih bisa menghemat sekian uang untuk membeli aksesori pelengkapnya, kan?



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com