Connect with us

ZONAPEDIA

Sedang diet? Jangan sampai malah tak sehat. Cek tanda-tandanya

Jika tubuhmu terasa tak berenergi meskipun waktu istirahatmu terbilang cukup, bisa jadi tubuhmu kekurangan asupan karbohidrat.

Bagikan !

Published

on

Diet yang sehat
Makanan untuk diet / Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.COM – Bicara tentang diet memang tiada ujungnya. Selalu menjadi perbincangan hangat berbagai kalangan. Bagaimana tidak memiliki badan ideal pastinya adalah dambaan semua orang. Entah dengan usahanya untuk menaikkan berat badan maupun menurunkan berat badan.

Berbicara tentang usaha menurunkan berat badan, di dunia maya telah banyak beredar berbagai metode diet yang disarankan. Mulai dari mengurangi porsi makan, meningkatkan aktivitas harian, mengatur pola makan, bahkan yang sedikit ekstrim seperti diet dengan pantangan mengonsumsi karbohidrat ataupun natrium.

Hasil yang ditawarkan pun pastinya lebih instan dan menggiurkan. Tapi sebelum kamu meniru berbagai tips diet yang marak ditawarkan, pastikan tipe diet yang kamu ikuti tidak berdampak buruk bagi kesehatanmu.

Tubuh kita membutuhkan berbagai nutrisi untuk menjalankan fungsi vital dalam tubuh. Caranya mendapatkan nutrisi ini pastinya melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Nah apa jadinya jika asupan nutrisi ini berkurang secara drastis atau bahkan ditiadakan. Pastinya fungsi vital yang berjalan pun akan mengalami kemunduran.

Nah, buat kamu yang sedang jalani diet ketahui tanda-tanda tipe dietmu yang tidak baik untuk kesehatan. Dilansir dari sebuah akun instagram yang dijalankan oleh seorang ahli gizi dietsantuy.id berikut tandanya dietmu tidak sehat. Yuk simak!

Sering merasa lemas, tak berenergi, lemot, ataupun bawaannya mager mulu di tengah aktivitasmu.

Tubuh yang sering terasa lemas tak berenergi artinya ada fungsi vital yang terganggu. Idealnya waktu yang dibutuhkan untuk istirahat adalah sekitar 8 jam.

Pexels.com

Jika tubuhmu terasa tak berenergi meskipun waktu istirahatmu terbilang cukup, bisa jadi tubuhmu kekurangan asupan karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi utama bagi tubuh. Mengurangi asupan karbohidrat mu secara drastis atau bahkan menghilangkannya dari asupan harianmu bisa membuat tubuh lemas karena kekurangan energi lho.

Rambut rontok, kulit kusam, dan gampang sakit saat diet.

Idealnya ketika diet kamu disarankan menerapkan pola hidup sehat. Tidak sedikit penyakit-penyakit dengan solusi dokter berupa penerapan diet dalam pola hidup. Dengan demikian seharusnya tubuh terasa lebih sehat ketika menjalani diet.

Namun, jika kamu justru mengalami masalah pada tubuhmu ketika diet seperti rambut rontok, kulit kusam, atau daya tahan tubuhmu menurun, hal ini bisa jadi indikasi akibat kurangnya kandungan protein dalam asupan harian mu.

Pexels.com

Beberapa diet menyarankan untuk hanya mengkonsumsi sayuran ketika diet. Meski sayuran itu baik untuk tubuh, tapi tubuh tetap membutuhkan nutrisi lain yang tidak kamu dapatkan dari sekedar mengkonsumsi sayuran.

Protein adalah zat pembangun dalam pembentukan dan regenerasi sel. Kurang asupan protein bisa membuat regenerasi sel tidak optimal serta imunitas tubuh menurun.

Mood labil, sering ngidam makanan, dan mudah capek.

Tidak bisa berhenti makan karena perubahan mood. Selalu merasa ngidam makan asin ataupun manis saat diet, bisa jadi tubuhmu kekurangan asupan lemak.

Lemak berfungsi sebagai pelarut vitamin dan suplemen tertentu. Lemak juga berpengaruh pada pembentukan hormon dalam tubuh. Selain itu lemak juga merupakan sumber energi. Sehingga akan berpengaruh pada mood mu yang berubah-ubah, karena merupakan sumber energi kurang asupan lemak juga bisa diterjemahkan tubuh sebagai kurang nutrisi sehingga keinginan makanmu meningkat.

Pexels.com

Meski lagi diet jangan skip konsumsi lemak dari asupan harian mu ya. Kamu gak mau kan justru kalap dan makan lebih banyak karena tidak bisa mengontrol mood dan nafsu makanmu.

Nah, sekian penjelasan tentang tanda-tanda yang harus jadi perhatianmu ya. Jangan sampai diet malah merusak siklus tubuhmu. Manfaatkan diet untuk meningkatkan kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat.

Kamu memang perlu mengontrol asupan harianmu, tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kandungan dari tiap porsi asupan mu agar gizinya tetap seimbang ya. Semangat ya.

Tidak perlu hasil instan, sedikit lebih sabar bisa membuat pola dietmu lebih sehat dan menjadi pola hidup yang bisa kamu terus terapkan meski target yang kamu inginkan sudah tercapai.

Bagikan !

ZONAPEDIA

Mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding ternyata banyak manfaatnya

Selain meredakan kaki yang pegal, pose ini juga menyeimbangkan tekanan darah sehingga tubuh akan terasa lebih enakan.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.COM – Salah satu hal yang menghambat niat berolahraga adalah kondisi badan yang capek dan lelah karena rutinitas sehari-hari yang padat. Padahal bukan cuma istirahat saja yang mampu redakan kelelahanmu, tapi menggerak-gerakkan badan juga efektif bikin fit kondisimu.

Nah, di antara sekian banyak pose yoga, ada satu posisi yang mudah sekali dilakukan di rumah. Viparita karani asana alias mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding punya banyak manfaat jika rutin dilakukan selama 15 menit setiap harinya.

Inilah kebaikan-kebaikan yang kamu dapatkan jika rutin melakukan viparita karani. Sayang sekali kalau dilewatkan!

Melakukan pose ini akan melancarkan peredaran darah dari kaki ke seluruh tubuh.

Efektif buat meredakan beban-beban yang bertumpu pada kaki. Berdiri terlalu lama atau beraktifitas fisik terlalu berat terkadang bisa menghambat sirkulasi darah.

Aktifitas berat ini bahkan bisa menyebabkan heavy lower body atau berat tubuh yang bertumpu seluruhnya pada kaki. Nah, melakukan pose dengan menaikkan kaki dan menempelkannya di dinding akan membantu melancarkan kembali sirkulasi darah dari kaki ke bagian atas tubuh.

Selain meredakan kaki yang pegal, pose ini juga menyeimbangkan tekanan darah sehingga tubuh akan terasa lebih enakan.

Meredakan ketegangan dan pegal-pegal di otot punggung, pinggul dan kaki. Serasa dipijat!

Gerakan sederhana ini nggak hanya merilekskan, tapi juga memberikan efek positif bagi otot-otot betis, paha belakang, kaki, serta punggung. Saat berbaring telentang, tulang belakang menempel di lantai yang juga membuat punggung dalam posisi lurus dan rileks. Kaki pun begitu.

Melakukannya dengan rutin akan menghilangkan ketegangan dan pegal-pegal di area ini. Bonusnya, tubuhmu jadi lebih fleksibel karena otot-otot yang lebih tertarik.

Peningkatan suplai darah ke organ dalam bikin kinerja sistem jadi makin lancar.

Makananmu jadi cepat tercerna dan lancar pembuangannya. Meluruskan kaki ke dinding akan melancarkan suplai darah ke tubuh bagian atas, termasuk organ-organ pencernaan. Pose ini akan membantu usus melakukan kontraksi dengan efektif sehingga memperlancar proses pencernaan.

Jika dilakukan dengan rutin, nutrisi makanan yang masuk ke tubuhmu akan lebih cepat diserap dengan baik. Pun jika kamu mengalami masalah BAB, maka akan lebih mudah teratasi.

Kram perut dan sakit kepala saat menstruasi bisa membaik jika kamu mau melakukan pose ini secara rutin

Mengangkat kaki dan meluruskannya di dinding akan menguatkan organ reproduksi karena suplai darah ke area ini berjalan lancar. Efeknya, nyeri perut dan sakit kepala saat menstruasi bisa berkurang perlahan.

Termasuk sakit kepala yang diakibatkan karena melambatnya pergerakan aliran darah ke kepala, bisa diredakan dengan tidur telentang dan menaikkan kaki ke atas dinding.

Santai telentang dengan kaki terangkat juga bisa membantu menenangkan pikiran, sehingga stres pun hilang perlahan

Saat berbaring dengan kaki lurus di dinding, tubuh akan terasa lebih rileks dengan napas yang lebih tenang. Jaringan tubuh akan mendapat lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah makin lancar. Ini akan membuat sistem saraf lebih baik dan mengurangi tekanan di kening, leher, dan perut.

Stres pun nggak lagi mudah bersarang. Posisi ini cocok untuk semua jenis meditasi, karena memungkinkan darah beredar di sekujur tubuh.

Cara ini juga bisa membantumu mengatasi insomnia, nggak lagi-lagi deh tidur di atas jam dua

Darah akan mengalir ke otak akan lebih lancar saat berada di posisi ini sehingga otak mendapat lebih banyak oksigen yang memungkinkan kondisi tidur yang lebih nyenyak.

Kalau kamu merasa kesulitan tidur, lakukan pose ini beberapa menit setiap malam sebelum tidur. Beberapa gerakan sederhana ini juga bisa membantumu cepat mengantuk dan tidur lebih awal.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com