bar-merah

Sedang diet? Jangan sampai malah tak sehat. Cek tanda-tandanya

Diet yang sehat
Makanan untuk diet / Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.COM – Bicara tentang diet memang tiada ujungnya. Selalu menjadi perbincangan hangat berbagai kalangan. Bagaimana tidak memiliki badan ideal pastinya adalah dambaan semua orang. Entah dengan usahanya untuk menaikkan berat badan maupun menurunkan berat badan.

Berbicara tentang usaha menurunkan berat badan, di dunia maya telah banyak beredar berbagai metode diet yang disarankan. Mulai dari mengurangi porsi makan, meningkatkan aktivitas harian, mengatur pola makan, bahkan yang sedikit ekstrim seperti diet dengan pantangan mengonsumsi karbohidrat ataupun natrium.

Hasil yang ditawarkan pun pastinya lebih instan dan menggiurkan. Tapi sebelum kamu meniru berbagai tips diet yang marak ditawarkan, pastikan tipe diet yang kamu ikuti tidak berdampak buruk bagi kesehatanmu.

Tubuh kita membutuhkan berbagai nutrisi untuk menjalankan fungsi vital dalam tubuh. Caranya mendapatkan nutrisi ini pastinya melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Nah apa jadinya jika asupan nutrisi ini berkurang secara drastis atau bahkan ditiadakan. Pastinya fungsi vital yang berjalan pun akan mengalami kemunduran.

Nah, buat kamu yang sedang jalani diet ketahui tanda-tanda tipe dietmu yang tidak baik untuk kesehatan. Dilansir dari sebuah akun instagram yang dijalankan oleh seorang ahli gizi dietsantuy.id berikut tandanya dietmu tidak sehat. Yuk simak!

Sering merasa lemas, tak berenergi, lemot, ataupun bawaannya mager mulu di tengah aktivitasmu.

Tubuh yang sering terasa lemas tak berenergi artinya ada fungsi vital yang terganggu. Idealnya waktu yang dibutuhkan untuk istirahat adalah sekitar 8 jam.

Pexels.com

Jika tubuhmu terasa tak berenergi meskipun waktu istirahatmu terbilang cukup, bisa jadi tubuhmu kekurangan asupan karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi utama bagi tubuh. Mengurangi asupan karbohidrat mu secara drastis atau bahkan menghilangkannya dari asupan harianmu bisa membuat tubuh lemas karena kekurangan energi lho.

Rambut rontok, kulit kusam, dan gampang sakit saat diet.

Idealnya ketika diet kamu disarankan menerapkan pola hidup sehat. Tidak sedikit penyakit-penyakit dengan solusi dokter berupa penerapan diet dalam pola hidup. Dengan demikian seharusnya tubuh terasa lebih sehat ketika menjalani diet.

Namun, jika kamu justru mengalami masalah pada tubuhmu ketika diet seperti rambut rontok, kulit kusam, atau daya tahan tubuhmu menurun, hal ini bisa jadi indikasi akibat kurangnya kandungan protein dalam asupan harian mu.

Pexels.com

Beberapa diet menyarankan untuk hanya mengkonsumsi sayuran ketika diet. Meski sayuran itu baik untuk tubuh, tapi tubuh tetap membutuhkan nutrisi lain yang tidak kamu dapatkan dari sekedar mengkonsumsi sayuran.

Protein adalah zat pembangun dalam pembentukan dan regenerasi sel. Kurang asupan protein bisa membuat regenerasi sel tidak optimal serta imunitas tubuh menurun.

Mood labil, sering ngidam makanan, dan mudah capek.

Tidak bisa berhenti makan karena perubahan mood. Selalu merasa ngidam makan asin ataupun manis saat diet, bisa jadi tubuhmu kekurangan asupan lemak.

Lemak berfungsi sebagai pelarut vitamin dan suplemen tertentu. Lemak juga berpengaruh pada pembentukan hormon dalam tubuh. Selain itu lemak juga merupakan sumber energi. Sehingga akan berpengaruh pada mood mu yang berubah-ubah, karena merupakan sumber energi kurang asupan lemak juga bisa diterjemahkan tubuh sebagai kurang nutrisi sehingga keinginan makanmu meningkat.

Pexels.com

Meski lagi diet jangan skip konsumsi lemak dari asupan harian mu ya. Kamu gak mau kan justru kalap dan makan lebih banyak karena tidak bisa mengontrol mood dan nafsu makanmu.

Nah, sekian penjelasan tentang tanda-tanda yang harus jadi perhatianmu ya. Jangan sampai diet malah merusak siklus tubuhmu. Manfaatkan diet untuk meningkatkan kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat.

Kamu memang perlu mengontrol asupan harianmu, tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kandungan dari tiap porsi asupan mu agar gizinya tetap seimbang ya. Semangat ya.

Tidak perlu hasil instan, sedikit lebih sabar bisa membuat pola dietmu lebih sehat dan menjadi pola hidup yang bisa kamu terus terapkan meski target yang kamu inginkan sudah tercapai.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com