Tiga kecamatan di Bolsel dilanda banjir

Marshal Datundugon
Penulis Marshal Datundugon



BOLSEL, ZONA UTARA.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) merilis data sementara bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi sekitar pukul 01.30 Wita pada Jumat 24 Juli 2020 dini hari.

Banjir itu melanda tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bolaang Uki di 12 desa, Kecamatan Helumo 6 desa dan Kecamatan Tomini di 4 desa.

Sekitar 18.487 kepala keluarga terdampak dan terpaksa mengungsi di tempat aman. Baik di balai desa mupun rumah kerabat yang tidak terdampak banjir.

Baca pula: Jalur Bolmong menuju Bolsel terputus

Banjir disebabkan hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa hari terakhir dan menyebabkan Sungai Salongo, Sungai Molibagu, Sungai Tolondadu dan beberapa sungai lainnya di tiga kecamatan tersebut meluap. Ketinggian air mencapai 50 hingga 150 centimeter.

“TRC BPBD Bolsel langsung melakukan kaji cepat, evakuasi korban dan berkoordinasi dengan instasi terkait lainnya. BPBD dan Dinsos juga sedang mempersiapkan pendirian tenda pengungsian. Untuk korban jiwa dan kerugian lainnya masih sementara dilakukan pendataan,” kata Kepala BPBD Bolsel, Daanan Mokodompit.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Jurnalis yang berdomisili di Bolaang Mongondow dengan fokus liputan pada aktivitas pemerintahan, sosial dan lingkungan.
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com