20 Perguruan Tinggi Terpopuler di Media Sosial

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU
Ilustrasi / Pixabay.com



ZONAUTARA.COM – Di era teknologi dewasa ini, adopsi media sosial sudah menjadi hal yang sebaiknya dilakukan -jika tidak ingin dikatakan keharusan- oleh perguruan tinggi di Indonesia. Selain amat bermanfaat sebagai media promosi, media sosial tentunya juga sangat berguna sebagai sarana komunikasi, apalagi di masa pandemi Covid-19, dimana perkuliahan tidak lagi dilakukan lewat tatap muka langsung.

Di masa pandemi, banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memaksimalkan fungsi media sosial, baik untuk tujuan kegiatan belajar mengajar, penerimaan mahasiswa baru, maupun kehumasan. Namun, bukan berarti adopsi media sosial baru mereka lakukan sekarang. Sebagian besar memang sudah lama memanfaatkan media sosial untuk tujuan-tujuan tersebut.

Lifepal.co.id melakukan riset guna melihat seberapa jauh perguruan-perguruan tinggi di Indonesia memanfaatkan media sosial. Hasilnya, dituangkan dalam Kompilasi Daftar Perguruan Tinggi dengan Aktivitas Media Sosial Terbaik tahun 2020.

Riset dilakukan dengan mencari berapa banyak followers (pengikut) dan subscriber (pelanggan) akun resmi media sosial dari masing-masing perguruan tinggi. Kemudian, dibuat beberapa daftar untuk memperlihatkan peringkat berdasarkan jumlah follower maupun subscriber-nya. 

Perguruan tinggi negeri dengan jumlah like terbanyak di Facebook 

zonautara.com

Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati posisi pertama sebagai perguruan tinggi dengan total like Facebook terbanyak di Juni 2020. Seperti diketahui, akun resmi halaman Facebook UGM telah mendapat like dari 428 ribu pengguna Facebook.

Salah satu aktivitas yang selalu dilakukan UGM di akun Facebooknya adalah memposting berita-berita terbaru yang terpampang di situs resmi UGM. 

UGM secara rutin memposting tiga atau empat konten berupa artikel dalam sehari di situs resmi universitas. Konten-konten tersebut tidak hanya sebatas update kegiatan terbaru UGM, melainkan berisikan edukasi dan tips-tips menarik.

Di posisi kedua, ada Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 242 ribu like, Universitas Terbuka (UT) dengan 211 ribu like, dan Universitas Padjajaran di peringkat empat dengan 183 ribu like.

Posisi ke-20 diduduki oleh Universitas Lampung (Unila) dengan jumlah like sebanyak 37.059. 

Perguruan tinggi swasta dengan like terbanyak di Facebook

Lifepal mencatat, perguruan tinggi swasta yang sukses mendapat like terbanyak di halaman Facebook adalah Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali. Jumlah like di halaman Facebook dari perguruan tinggi di Pulau Dewata ini mencapai 280 ribu di akhir Juni 2020.

Berbeda cara dengan UGM, STIKOM Bali berbeda cara dengan UGM dalam memanfaatkan Facebook untuk mempromosikan konten di situs resmi ke media sosial. 

STIKOM Bali melakukan sinkronisasi akun Facebook dengan Instagram mereka. Hal itu menyebabkan seluruh postingan di Instagram muncul di Facebook. 

Selain itu, akun fan page STIKOM Bali juga memanfaatkan fitur Facebook chat bot atau robot pembalas pesan. Lewat chat bot itu, pengunjung dapat mengajukan pertanyaan seputar lokasi kampus, biaya kuliah, dan info lain seputar perguruan tinggi tersebut. Chat bot lantas akan mengarahkan penanya untuk menghubungi nomor resmi kantor perguruan tinggi, dan akun official LINE mereka.

Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh Universitas Mercubuana Jakarta dengan jumlah like 150 ribu, Universitas Trisakti di angka 100 ribu, dan Universitas Bina Nusantara (Binus) di 96 ribu. Posisi 20 diduduki oleh Universitas Pasundan dengan like sebanyak 27.214.

Perguruan tinggi negeri dengan follower Twitter terbanyak

zonautara.com

Universitas Indonesia (UI) menduduki posisi pertama dalam ranking perguruan tinggi dengan follower Twitter terbanyak. Seperti diketahui, jumlah follower dari kampus negeri ternama ini adalah 1,2 juta di akhir Juni 2020.

UI memang sangat aktif dalam memanfaatkan media sosial yang satu ini. UI cukup sering melakukan repost konten mereka yang ada di Instagram ke Twitter. Seluruh postingan yang ada di Twitter UI adalah informasi atau update dari universitas tersebut.

Posisi kedua dihuni oleh UGM dengan jumlah follower 1 juta, diikuti Universitas Padjadjaran (UNPAD) dengan follower 969 ribu, ITB di 869 ribu, dan UT di 774 ribu.

Sementara itu posisi ke-20 diduduki oleh Universitas Mulawarman (Unmul) dengan total follower sebanyak 19.800.

Perguruan tinggi swasta dengan follower Twitter terbanyak

Untuk kategori perguruan tinggi swasta, Lifepal mencatat bahwa Universitas Binus menempati posisi pertama dengan jumlah follower Twitter sebesar 243 ribu. 

Akun Twitter Universitas Binus memang cukup aktif memposting berita-berita di media massa, atau konten di situs resmi universitas tersebut. Namun sayangnya, akun media sosial ini tampaknya sudah tidak dikelola lagi secara rutin sejak akhir Maret 2020. 

Alhasil, beberapa postingan yang kerap muncul di akun ini adalah postingan dari Sumall, sebuah situs analisis aktivitas media sosial. 

President University ada di peringkat dua dengan jumlah follower 226 ribu, disusul Universitas Paramadina dengan follower 175 ribu, dan seterusnya.

Adalah Universitas Budi Luhur, yang menduduki peringkat ke-20 dengan jumlah follower Twitter 5.800.

Perguruan tinggi negeri dengan follower Instagram terbanyak

zonautara.com

UGM masuk ke dalam ranking satu untuk kategori perguruan tinggi negeri dengan follower Instagram terbanyak. Jumlah follower kampus yang berbasis di Yogyakarta ini mencapai 571 ribu di akhir Juni 2020.

Sebagai juara satu dalam ranking followers Instagram terbanyak, Lifepal mencatat, UGM sering mempromosikan UGM Update yang berisikan informasi LIVE streaming dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus tersebut. LIVE tersebut tidak hanya berlangsung di Instagram saja, melainkan di platform lain seperti Youtube, Facebook, dan Twitter.

Untuk posisi kedua, ada UI dengan jumlah follower Instagram mencapai 544 ribu, diikuti oleh PKN STAN dengan 397 ribu, ITB di 213 ribu, Universitas Brawijaya di 206 ribu, dan Gunadarma 181 ribu.

Sementara itu, untuk posisi-20 diduduki oleh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan total follower 47 ribu. 

Perguruan tinggi swasta dengan follower Instagram terbanyak

Untuk kategori perguruan tinggi swasta, Universitas Gunadarma menduduki peringkat pertama dengan jumlah follower Instagram yang mencapai 181 ribu. 

Lain halnya dengan UGM, Universitas Gunadarma justru jarang mempromosikan kegiatan LIVE di medsos. Postingan-postingan di akun Instagram Universitas Gunadarma, umumnya adalah pengumuman seputar kegiatan perkuliahan dan penerimaan mahasiswa baru. 

Gunadarma pun cukup sering memposting surat-surat edaran resmi dari pihak kampus. Sebut saja seperti pengumuman jadwal kuliah, wisuda, dan surat edaran rektor lainnya. Tentunya hal ini dapat memperluas jangkauan informasi mereka kepada para mahasiswa dan civitas akademika lain.

Sementara itu, Telkom University menguntit di peringkat dua dengan jumlah follower 83 ribu, diikuti Universitas Muhammadiyah Malang dengan follower 62 ribu, dan Universitas Islam Indonesia dengan follower 57 ribu.

Posisi 20 diduduki oleh Universitas Merdeka Malang dengan total follower 19 ribu. 

Perguruan tinggi negeri dengan subscriber Youtube terbanyak

zonautara.com

Gelar perguruan tinggi negeri dengan subscriber Youtube terbanyak jatuh pada PKN STAN yang sukses mengantongi 76.200 subscriber. 

PKN STAN memiliki kanal-kanal menarik yang ada di akun Youtubenya. Pertama tentu saja adalah kanal event atau liputan kegiatan di PKN STAN. Lalu, ada pula kuliah umum yang berisikan rekaman kuliah umum atau seminar di kampus mereka.

Uniknya, PKN STAN memiliki kanal bernama PIJAR (Pintar Belajar Manajemen Keuangan). PKN STAN juga mengunggah materi rekaman webinar yang sudah mereka selenggarakan bersama pakar.

Diikuti oleh ITB dengan 74 ribu subscriber, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan 43.800, UT dengan total 43.300, dan Unpad dengan 29 ribu subscriber.

Posisi ke-20 diduduki oleh Universitas Jember dengan jumlah subscriber mencapai 8.470. 

Perguruan tinggi swasta dengan subscriber Youtube terbanyak

Untuk kategori perguruan tinggi swasta, riset Lifepal mencatat posisi satu diamankan oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) dengan perolehan subscriber mencapai 21 ribu. 

Akun Youtube UM Surabaya dulu bernama UM Official, namun saat ini berganti nama jadi PMB UM Surabaya. UM Surabaya kerap mengunggah konten-konten berupa kuliah umum, tutorial kuliah online, kegiatan mahasiswa, dan video-video pendek lainnya.

Meski demikian, penonton dari video-video yang ada di Youtube UM Surabaya umumnya ditonton oleh ratusan orang saja. Bahkan beberapa video hanya ditonton ribuan orang. 

Setelah UM Surabaya, ada pula Universitas Ahmad Dahlan dengan 15 ribu subscriber, dan Universitas Muhammadiyah Malang dengan 11 ribu subscriber

Posisi ke 20 dari kategori ini diduduki oleh Universitas PGRI Muhammadiyah Sidoarjo (UNIPMA) dengan jumlah subscriber Youtube sebesar 2.130.

Audiens media sosial perguruan tinggi negeri semuanya di atas rata-rata

Dari data di atas, bisa dikatakan bahwa jumlah audiens (follower, subscriber, like) di media sosial perguruan tinggi negeri (PTN) memang jauh lebih besar ketimbang perguruan tinggi swasta (PTS). Namun patut diketahui juga bahwasannya jumlah audiens medsos PTN yang masuk dalam 20 ranking 20 besar, seluruhnya berada di atas rata-rata.

Akan tetapi untuk kategori like di halaman Facebook, baik PTN atau PTS yang masuk ke ranking 20 besar mencatatkan jumlah like yang di atas rata-rata. 

Untuk kategori follower Twitter, tercatat ada 11 PTS di ranking 20 besar yang jumlah followersnya berada di bawah rata-rata. Mereka adalah: 

– Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
– Universitas Atma Jaya Yogyakarta
– Universitas Pasundan Bandung
– Universitas Muhammadiyah Malang
– Telkom University
– Universitas Islam Indonesia
– Universitas Kristen Maranatha
– Universitas Mercubuana Jakarta
– Universitas Islam Indonesia Sultan Agung Semarang
– Prasetiya Mulia Business School
– dan Universitas Budi Luhur

Sementara itu di kategori Instagram, tercatat delapan PTS di ranking 20 besar yang jumlah followersnya di bawah rata-rata, mereka adalah:

– Universitas Kristen Satya Wacana
– Universitas Dian Nuswantoro
– Universitas Katolik Atma Jaya
– Universitas Islam Indonesia Sultan Agung Semarang
– Universitas Ciputra
– Universitas Atma Jaya Yogyakarta
– Universitas Sanata Dharma
– Universitas Merdeka Malang

Sama dengan Instagram, data di 30 Juni 2020 juga mencatat delapan PTS di ranking 20 besar dengan jumlah subscribers Youtube di bawah rata-rata, mereka adalah:

– ITB STIKOM Bali
– Universitas Pertamina
– Universitas Muria Kudus
– Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
– Universitas Muslim Indonesia
– Universitas Sanata Dharma
– Universitas PGRI Madiun
– Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Dalam membuat laporan ini, Lifepal.co.id melakukan pemantauan terhadap akun resmi media sosial milik seluruh universitas di Indonesia pada 25 hingga 30 Juni 2020. Media sosial yang dimaksud meliputi, Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com