Manado, ZONAUTARA.com – Sebanyak 81 tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok transit di Manado. Mereka tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado pada Sabtu (26/9/2020) lalu.

TKA asal Tiongkok itu tiba dengan menggunakan maskapai Citilink dengan nomor registrasi QG8334 rute Morowali – Manado.

Kedatangan 81 TKA asal Tiongkok di Manado ini, dalam rangka transit setelah bekerja di PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Sebelum menuju hotel, 81 orang TKA tersebut melakukan unboarding, dan dilaksanakan pengecekan suhu tubuh oleh PKSE KKP Klas II Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. Kemudian para TKA diarahkan menuju kendaraan bus yang disediakan oleh pihak Lion Air.

General Manager PT Angkasa Pura 1 Sam Ratulangi Minggus Gandeguai ketika dikonfirmasi, membenarkan kedatangan 81 TKA asal Tiongkok itu.

Menurut Minggus kedatangan mereka di Manado hanya transit dan akan akan kembali ke negara mereka.

“Mereka hanya sementara di Manado dan akan kembali ke China pada Rabu mendatang. Untuk dokumen kesehatan seperti rapid test, diperiksa oleh pihak KKP Kelas II A Bandara Sam Ratulangi Manado,” ungkap Minggus, Kamis (1/10/2020).

Puluhan TKA itu menginap di Hotel Lion sambil menunggu konfirmasi keberangkan ke negara mereka.

Meski hanya transit, kekhawatiran warga Manado soal TKA asal Tiongkok ini tetap ada. Mereka takut kalau ada dari antara mereka yang terpapar virus corona.

“Semoga dokumen hasil rapid test mereka akurat, agar tidak membawa virus corona ke Sulawesi Utara. Mereka juga harusnya menjalani swab test sehingga kondisi kesehatan mereka benar-benar baik, dan tidak ada penyebaran virus lagi di Manado. Khawatirnya bisa menambah klaster baru saat mereka ditampung di hotel di Kota Manado,” cetus Angel, warga Sario.

Penulis : Ishak Kusrant

Bagikan !