bar-merah

Tips menyimpan bawang merah agar tidak mudah busuk

Ilustrasi bawang
Foto: Unsplash.com

ZONAUTARA.COM – Bawang adalah bumbu yang paling umum ditemukan di dapur. Untuk berbagai jenis makanan, bahan satu ini pasti dibutuhkan. Untuk itu, selalu dibutuhkan stok bawang di dapur untuk memenuhi kebutuhan harian.

Nah untuk membuat stok bawang yang ada tidak mudah membusuk dan tahan lebih lama, kamu bisa terapkan beberapa tips berikut.

Kebanyakan orang akan menyimpan bawang merah dan bawang putih secara bersamaan di satu wadah. Padahal menyimpan kedua jenis bawang ini secara bersamaan justru memicu pembusukan lebih cepat.

Bawang merah maupun bawang putih biasanya mengeluarkan gas sensitif terhadap satu sama lain ketika disimpan bersamaan yang akan memicu pembusukan lebih cepat.

Selain bawang, adapun sayur kentang yang umumnya menjadi stok bahan tetap di dapur. Jika di dapur juga tersedia sayur karbo satu ini, hindari penyimpanan bersamaan atau berdekatan dengan bawang. Gas dari kentang bisa mempercepat pembusukan bawang merah.

Jika stok bawang yang ada belum dikupas, anda bisa menyimpannya di wadah dengan sirkulasi udara lancar. Dan hindari penyimpanan di tempat yang basah atau lembab.

Hindari penyimpanan dalam kantung plastik juga. Kantung plastik tanpa ventilasi untuk aliran udara bisa mempercepat proses pembusukan akibat kelembaban yang tinggi.

Jika ingin menyimpannya di kantong, anda bisa mencoba gunakan kantung jala/ besek dibandingkan dengan kantung plastik.

Bawang merah yang sudah dikupas akan lebih baik di simpan di freezer. Anda bisa memasukkan bawang kedalam wadah dan menyimpannya ke freezer.

Cara ini bisa membuat stok bawang bertahan hingga tiga bulan.

Cincangan bawang merah dapat disimpan dengan menuangkan minyak kedalamnya dan simpan dalam wadah tertutup.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com