bar-merah

Jumlah daerah zona merah turun per 16 Agustus

zonautara.com
Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito.(Image: BPMI)

ZONAUTARA.com – Per 16 Agustus 2020, jumlah daerah yang masuk dalam kategori risiko tinggi atau zona merah, mengalami penurunan menjadi 29 kabupaten/kota. Sebaliknya daerah yang masuk kategori risiko sedang atau zona oranye, mengalami peningkatan menjadi 237 kabupaten/kota.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pada risiko rendah atau zona kuning mengalami penurunan menjadi 174 kabupaten/kota. Sedangkan zona hijau atau tidak ada kasus baru, menurun menjadi 42 kabupaten/kota. Tidak terdampak ada 32 kabupaten/kota.

“Ada 18 kabupaten/kota yang mengalami pergeseran dari zona merah menjadi zona oranye. Tetapi pada saat yang bersamaan pula, ada daerah-daerah zona kuning yang berubah ke zona oranye sebesar 49 kabupaten/kota,” ujar Wiku dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (18/08/2020).

Jadi, imbuhnya, terjadi clustering pada daerah-daerah berisiko sedang. Ini perlu menjadi perhatian karena dari waktu ke waktu terjadi peningkatan. Dari grafik data, terlihat peningkatan zona oranye dari 32,88 persen (12 – 19 Juli) menjadi 35,99 persen (19 – 26 Juli); naik lagi menjadi 43,00 persen (26 Juli – 2 Agustus); naik lagi menjadi 43,19 persen (2 – 9 Agustus); dan berakhir di angka 46,11 persen (9 – 16 Agustus).

“Ada 18 daerah yang turun dari zona merah ke zona oranye, di antaranya terdapat di provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku dan Maluku Utara,” kata Wiku.

Lalu 49 daerah dari zona kuning menjadi zona oranye, lanjutnya, terdapat di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Papua Barat dan Papua.

“Untuk daerah oranye perlu menjadi perhatian bersama karena terus meningkat,” ujarnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com