bar-merah

4 tanaman wangi ini dapat mengusir nyamuk dari halaman rumah anda

zonautara.com
Nyamuk yang bersarang di halaman rumah akan sangat mengganggu.(Image: pexels.com/Pavel Hájek)

ZONAUTARA.com – Memiliki taman mini di depan rumah pastinya disukai semua orang. Untuk sebagian orang, menanam bahkan menjadi hobi. Berbagai macam tanaman bunga dan lainnya ditanam untuk mempercantik nuansa rumah.

Sayangnya, satu hal yang biasanya sangat mengganggu kegemaran anda memelihara tanaman di rumah adalah nyamuk yang suka berkerumun. Area taman atau kebun biasanya dijadikan tempat nyamuk bersembunyi.

Tidak hanya mengganggu, nyamuk jelas bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Ketika nyamuk menggigit manusia, segala jenis penyakit dan virus akan masuk ke tubuh. Misalnya, demam berdarah, malaria, dan virus West Nile yang pasti tidak anda inginkan.

Di samping itu, menggunakan pestisida untuk mengusir nyamuk atau serangga lain pastinya juga memiliki efek samping untuk kesehatan. Lalu, apa yang bisa anda lakukan untuk mengusir nyamuk-nyamuk ini?

Jawabannya sederhana. Gunakan kekuatan penciuman. Pada umumnya nyamuk tertarik pada sumber yang berbau, seperti bau keringat dan bau badan.

Ada aroma tanaman tertentu yang menurut anda sedap dicium, justru dapat mengusir kehadiran nyamuk. Itulah mengapa seprotan anti-nyamuk yang menggunakan wangi tertentu dapat bekerja lebih efektif untuk mengusir nyamuk.

Tanaman yang dimaksud sebenarnya lazim anda jumpai setiap hari. Anda bisa terhindar dari rasa jengkel akibat nyamuk yang bersarang di taman rumah bila menghadirkan beberapa tanaman berikut:

  • Serai

zonautara.comTanaman serai dikenal sebagai salah satu tanaman nyamuk. Tanaman ini memiliki wangi yang dikenal ampuh mengusir nyamuk.

Tanaman ini aroma serai dari dedaunannya, ketika daunnya dihancurkan dan dioleskan ke kulit, aromanya sangat menyenangkan, serta membantu mengusir nyamuk-nyamuk secara alami.

Meskipun tidak seefektif obat nyamuk kimiawi, tetapi penggunaannya tidak memiliki efek samping apapun.

  • Peppermint

zonautara.comAroma mint yang bersih dari peppermint tidak hanya jauh lebih baik daripada aroma kimiawi yang menyengat, tetapi juga dapat berfungsi sebagai insektisida alami untuk mengusir nyamuk.

Faktanya, penelitian yang diterbitkan pada Jurnal Malaria mengungkapkan mengapa betapa daun ini efektif menghalau nyamuk. Para ahli menemukan bahwa tanaman dapat membantu mengusir nyamuk ketika digosokkan pada bagian tubuh yang terbuka.

Selain itu, tanaman ini juga berkhasiat sebagai larvasida. Larva nyamuk dapat dibunuh 24 jam setelah terpapar larutan minyak peppermint dan air.

Jika masalah nyamuk semakin parah di pekarangan anda, bumbuklah beberapa daun tanaman ini untuk mengeluarkan aroma dan minyaknya.

  • Bawang Putih

zonautara.comMeskipun makan makanan yang diisi bawang putih tidak serta merta akan mampu mengusir nyamuk. Namun, menanam bawang putih dapat membantu.

Tidak hanya membantu mencegah terkumpulnya nyamuk, tetapi anda juga sekaligus bisa memiliki persediaan bawang putih sendiri untuk digunakan sebagai bahan bumbu masakan anda.

Tambahkanlah tanaman bawang putih untuk memerkaya koleksi kebun sayur atau petak taman bunga anda.

  • Kemangi

zonautara.comKemangi adalah pengusir serangga alami yang terkenal dan sangat efektif untuk melawan nyamuk. Dengan menanamnya di luar rumah, anda dapat mencegah nyamuk bersarang di halaman anda.

Anda bisa juga menanam kemangi pada pot dan diletakkan di dalam ruangan. Itu akan membantu mengusir nyamuk.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com