bar-merah

Kenali beberapa istilah penting seputar Covid-19 ini

Swab test covid-19
Petugas kesehatan RSUD Datoe Binangkang Bolmong saat melakukan pengambilan sampel swab salah satu warga setempat yang reaktif rapid test. (Foto: Zonautara.com/Marshal D.)

ZONAUTARA.com – Ada sejumlah istilah seputar Covid-19 yang perlu anda pahami. Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (18/08/2020), mengenalkan sejumlah istilah itu yang berdasarkan peraturan KMK No. HK.01.07/MENKES/413/2020.

Istilah tersebut adalah:

  • Kasus Probable ialah kasus dengan gejala namun belum dinyatakan positif oleh uji lab PCR.
  • Kasus Suspek ialah kasus dengan gejala dan memiliki riwayat 14 hari kontak erat;
  • Kasus Konfirmasi ialah kasus yang dinyatakan positif berdasarkan hasil lab PCR baik bergejala maupun tidak;
  • Kontak Erat ialah orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi tanpa APD;
  • Discarded ialah kasus suspek dengan hasil lab PCR negatif sebanyak 2 kali selama 2 hari berturut-turut atau kontak erat yang telah isolasi diri 14 hari.
  • Selesai Isolasi ialah konfirmasi tanpa gejala diikuti tes lab PCR dan isolasi 10 hari. Probable/konfirmasi dengan gejala tanpa diikuti tes lab PCR dan minimal 3 hari tidak memunculkan gejala. Atau Probable/konfirmasi dengan gejala diikuti tes lab dengan hasil 1 kali negatif dan minimal 3 hari tidak memunculkan gejala.
  • Kematian ialah kasus konfirmasi atau kasus probable Covid-19 yang meninggal.


Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com