bar-merah

Apa sih manfaat mobil PCR itu?

zonautara.com
Mobil PCR.(Image: beritajatim)

ZONAUTARA.com – Mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) memegang peranan penting dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Laboratorium bergerak ini mempunyai fasilitas PCR paripurna dengan beberapa perlengkapan penting di dalamnya.

Perlengkapan yang dimaksud di antaranya Bio Safety Cabinet level II, alat ekstraksi sampel RNA otomatis, alat periksa RT-PCR berkapasitas 96 sampel, dan lemari pendingin penyimpan sampel.

PCR yang terdapat pada kabin mobil punya teknologi baru, yakni dengan reagen padat. Interiornya mengadopsi fitur negative pressure yang dilengkapi sistem double High Efficiency Particulate Air sehingga udara bebas virus.

Mobil ini dipakai untuk meningkatkan cakupan surveilans aktif Covid-19 di berbagai pelosok daerah dan difungsikan oleh tim laboran khusus yang dibentuk oleh Satuan Tugas Covid-19 di setiap daerah.

zonautara.com
Mobil PCR.(Image: beritajatim)

HiAce Premio.(Image: toyota.astra.co.id)

Mobil PCR ini sebenarnya menggunakan basis Toyota HiAce keluaran 2019 yang biasanya digunakan untuk mobil travel. Selain yang model standar, HiAce sendiri telah memiliki model barunya dengan tambahan nama Premio yang pasti lebih premium.

Mobil PCR yang beroperasi di Indonesia ini mampu menampung 11 orang, sekalipun ada yang bisa dimaksimalkan hingga 16 penumpang. Jumlah pintunya ada 5, depan 2 tengah 2 dan belakang 1 dengan kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 70 liter.

HiAce menggandalkan mesin bertipe 2KD-FTV berkapasitas 2.494 cc, dengan tenaga mencapai 101 hp dan torsi 260 Nm dan berbahan bakar diesel. Mobil ini memiliki sistem keselamatan yang memadai dilengkapi dengan parking sensor, dual SRS airbags dan juga sistem pengereman ABS.

Di Indonesia, mobil ini dijual dengan harga Rp 475,25 juta. Sedangkan HiAce model Premio dijual dengan harga Rp 516,6 juta.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com