Mimpi jatuh dari ketinggian, koq bisa?

Kontributor: Zahra
Penulis Kontributor: Zahra
Ilustrasi dari Pixabay.com



ZONAUTARA.COM – Pernahkah kamu bermimpi seolah terjatuh dari ketinggian dan terbangun menyentak dengan tiba-tiba?. Biasanya kamu akan merasa kaget karena terbangun dengan tiba-tiba.

Nah secara medis kejadian ini dikenal sebagai hypnic jerk. Berdasarkan keterangan Dr William Kohler, Direktur Medis di Florida Sleep Institute sebanyak 70% orang pernah mengalami hal yang disebut hypnic jerks atau “sentakan hypnic” pada awal tertidur.

Hypnic jerks atau sentakan hypnic adalah hal yang normal dan umum terjadi. Hypnic jerk adalah kondisi dimana tubuh mengalami kedutan atau kejang singkat secara tiba-tiba saat seseorang sedang jatuh tidur.

Selain itu, penderita hypnic jerks juga dapat mengalami gejala seperti melihat kilatan cahaya. Sentakan atau kejang yang terjadi cepat, tidak beraturan, dan meliputi seluruh atau bagian tubuh tertentu.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh gangguan medis tertentu, namun bisa juga terjadi pada mereka yang memiliki tubuh yang sehat. Hypnic jerks biasanya dipicu ketika anda melakukan pekerjaan yang berat pada malam hari, stres, gelisah, atau efek samping konsumsi kafein, nikotin, atau alkohol.

Hypnic jerks terkait dengan pengalaman tubuh ketika otot-otot anda berkontraksi, sehingga perut anda tersentak sehingga tubuh terbangun dengan tiba-tiba.

Fenomena ini biasanya terjadi selama perpindahan antara keadaan sadar (NREM tahap 1) dan tertidur (NREM tahap 3). Prosesnya terjadi dalam waktu singkat sekitar setengah detik atau kurang.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com