ZONAUTARA.COM – Danau Tampusu berada di puncak Gunung Tampusu, dengan ketinggian 1.186 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Akses menuju ke danau ini terbilang cukup mudah, karena bisa dicapai dengan 3 jalur, yang pertama dari Tomohon melalui jalur Desa Pangolombian, Desa Tampusu, dan Tondano melalui Desa Tataaran.

Semua jalur tentunya memiliki tantangan tersendiri, bagi yang ingin menikmati jalur pendakian dengan medan berupa anak tangga, dapat mengikuti jalur Desa Pangolombian.

Untuk menuju ke desa ini bisa menggunakan kendaraan roda dua yang memakan waktu kurang lebih 30 menit dari kota Tomohon, sedangkan untuk kendaraan roda empat kurang lebih 60 menit dari kota tomohon.

Memasuki Desa Pangolombian anda akan melihat penanda ke arah gunung tampusu dengan jarak dari desa kurang lebih 3 km.

Dalam perjalanan menuju puncak kita akan melewati ratusan anak tangga dan setidaknya ada 6 buah Gasebo yang menjadi tempat untuk beristirahat sejenak ketika kita capek. dengan estimasi waktu untuk tiba di puncak kurang lebih 45 menit.

Karena danau ini berada pada kawah dari gunung Tampusu, maka ketika kita tiba di puncak, kita harus turun lagi agar dapat menikmati keindahan danau ini. waktu yang dibutuhkan untuk turun kurang lebih 15 menit.

Tiba di danau, kita akan menikmati nuansa keheningan yang begitu menenangkan jiwa, bagi yang ingin menikmati ketenangan, sangat disarankan untuk camping di danau ini.

Namun perlu diingat jangan datang pada akhir pekan, karena pada akhir pekan tempat ini menjadi primadona di kalangan pendaki gunung.

Bagikan !