bar-merah

Pahami diri sendiri untuk pahami orang lain

zonautara.com
Image: pexels.com/Masha Raymers

ZONAUTARA.com – Makhluk sosial pada dasarnya adalah fitrah manusia. Berinteraksi pada dasarnya merupakan kebutuhan. Dengan berinteraksi secara sosial, pola pikir akan lebih terbuka dan mengenal hal-hal baru.

Salah satu yang perlu jadi perhatian dalam berinteraksi adalah cara berinteraksi kita dengan orang lain. Bagaimana cara kita berkomunikasi, memerlakukan orang lain, menerima perlakuan, dan lainnya yang mencerminkan bagaimana diri kita sendiri.

Sebelum dengan orang lain atau cara pandang orang lain yang menggambarkan diri kita, memahami dan mengekspresikan diri adalah yang pertama.

Dari cara kita mengekspresikan diri menunjukkan bagaimana sifat, kepribadian, atau karakter kita. Jadi karakter adalah sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat kita. Intinya karakter adalah diri kita.

Ada beberapa karakter yang umumnya dimiliki orang. Simak penjelasan berikut:

1. Koleris

Karakter seseorang yang koleris sangat dominan. Ciri dari orang ini adalah berkemauan keras, independen, memiliki visi praktis, dan produktif. Biasanya orang-orang dengan karakter koleris cenderung tegas dan memiliki jiwa pemimpin yang tinggi.

Tapi ada nih kekurangan dari orang dengan karakter koleris. Karena sifat percaya diri yang tinggi, mereka biasanya lebih cepat puas diri. Orang tipe ini juga cenderung dingin, sarkatik, pemarah, bahkan kadang kejam saat berinteraksi.

2. Sanguinis

Tipe orang yang ramah. Orang dengan karakter sanguinis memiliki sifat hangat, bersahabat,  dan berbelaskasihan. Biasanya orang-orang tipe ini memiliki responsif yang baik serta selalu membawa suasana ceria.

Di balik sifat menyenangkan mereka, orang-orang sanguinis tidak akan cocok memikul tanggung jawab karena orang-orang ini cenderung tidak disiplin. Selain itu memiliki emosi labil, sehingga kadang bersikap egosentris dan sering membesar-besarkan masalah.

3. Melankolis

Perfeksionis, analitis, tekun, dan disiplin adalah ciri dari mereka yang berkarakter melankolis. Orang-orang ini juga rela berkorban.

Tapi, mereka cenderung memikirkan hal-hal dengan berlebihan dan tidak mudah melupakan sesuatu. Sehingga orang-orang ini juga bersifat pemurung, pembalas, berpikiran negatif, kurang bermasyarakat, dan terlalu teoritis.

4. Plegmatis

Tenang, kalem, objektif adalah sifat umum orang-orang dengan karakter plegmatis. Mereka memiliki sifat cuek tapi dengan sentuhan selera humor yang baik.

Karena sifat cuek dan tidak pedulinya, orang-orang ini cenderung pelit, tidak tegas dan cari aman sendiri, dan penakut. Nah, kamu masuk yang mana nih. Ingat! Mulailah dari diri kita sendiri. Karena untuk memahami orang lain kita harus memahami diri kita dulu.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com