bar-merah

Apel Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Lanud Sam Ratulangi

zonautara.com
Suasana Apel Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Lanud Sam Ratulangi, Senin (31/08/2020).(Image: Lanud Sam Ratulangi)

ZONAUTARA.com  Pangkalan Udara (Lanud) Sam Ratulangi menggelar Apel Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dalam rangka Operasi Penegakkan Disiplin Protokol (OPDPK) penanganan Covid-19 Lanud Sam Ratulangi, Senin (31/08/2020).

Apel tersebut dipimpin Kepala Seksi Keamanan Pertahanan Pangkalan (Kasikamhanlan) Mayor POM Benyamin Sirait di halaman Mako ‘Tentara Langit’ Lanud Sam Ratulangi Manado.

Sejumlah 88 anggota TNI AU terlibat secara aktif dalam pelaksanaan penegakkan disiplin protokol kesehatan ini. Satuan Radar 224 Kwandang turut dijadikan Bantuan Kendali Operasi (BKO) di wilayah Kodam XIII/ Merdeka.

Kasikamhanlan Mayor POM Sirait dalam laporannya kepada Asops Kasdam XIII/ Merdeka dengan tembusan kepada Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk, melaporkan kegiatan Operasi Penegakkan Disiplin Protokol (OPDPK) telah berlangsung aman.

Beberapa tempat menjadi pos penjagaan OPDPK dengan titik-titik, di antaranya  Pos Bandara Sam Ratulangi, Pasar Tani Kecamatan Mapanget, Pasar Segar GPI Mapanget, Water Boom GPI Mapanget, Pasar Perum Paniki Kecamatan Mapanget, Sutan Raja Gym /Sport dan Karpet biru Mapanget, Bank BRI Unit Kwandang – Kabupaten Gorontalo Utara, Puskesmas Kwandang – Gorontalo Utara, OPDPK RSUD Zainal Umar Sadiki – Gorontalo Utara, OPDPK Pelabuhan Kwandang – Gorontalo Utara, OPDPK Pasar Moluo – Kwandang – Gorontalo Utara.

“Dalam pelaksanaan tugas berjalan aman dan terkendali. Hal-hal yang menonjol nihil atau tidak ada,” kata Benyamin.

Disampaikannya, berdasarkan pula Telegram Panglima TNI nomor 687 tahun 2020 tentang penekanan untuk pencegahan penyebaran Covid-19, Panglima Koopsau II telah memerintahkan kepada satuan jajarannya agar menindaklanjuti dan membuat perencanaan serta langkah-langkah yang nyata serta terinci. Dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan di wilayah masing-masing khususnya penggunaan masker di tempat keramaian dan ruang publik.

“Bagi kita personel TNI telah menerima intruksi untuk melaksanakan operasi pendisiplinan protokol kesehatan secara terus-menerus. Sampai vaksin Covid-19 ditemukan, yakni penggunaan masker dan cuci tangan serta tetap jaga jarak. Demikian pula, sosialisasi yang masif tentang penggunaan masker kepada masyarakat,” katanya di hadapan peserta apel.

zonautara.com
Suasana Apel Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Lanud Sam Ratulangi, Senin (31/08/2020).(Image: Lanud Sam Ratulangi)

Ditegaskannya agar dapar melaksanakan tindakan extra ordinary dalam penanganan saat ini. Gunakan kearifan lokal dengan bahasa daerah, adat istiadat setempat, untuk memudahkan masyarakat dalam menangkap pesan yang disampaikan.

“Memaksimalkan sarana dan prasarana seperti banner, pamflet dan medsos. Melaksanakan langkah-langkah inovatif dan kreatif seperti Kampung Tangguh di Jatim dan Pendekar Waras di Madiun”, ujar Kasikamhanlan Lanud Sam Ratulangi.

Ia memotivasi anggota untuk lebih optimal untuk tracking, pendataan, sosialisasi, dan edukasi. Memotivasi anggota untuk lebih optimal dalam pelaksanaan tugas karena tugas adalah kehormatan.

“Perhatikan keamanan diri prajurit masing-masing, dan keluarga serta masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan menjadi teladan bagi masyarakat,” ujarnya.

Pelaksanaan OPDPK ini berkoordinasi dengan Pemprov ataupun Pemkot dan Polri. Serta Gugus Tugas Daerah dan Komando ataupun instansi terkait guna kelancaran pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan penanganan wabah Covid-19 sesuai standar dan prosedur dengan pendampingan Dinas Kesehatan setempat, serta memperhatikan keamanan personel dan berita.

Sementara itu, Dansatpomau Lanud Sam Ratulangi Mayor POM Andi Irawan secara terpisah telah mengatur pula BKO anggota Lanud Sam Ratulangi pada kegiatan pengamanan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

“Sesuai petunjuk Danlanud Sam Ratulangi, untuk BKO PAM Bandara Sam Ratulangi ada empat orang. Terdiri dari dua personel POMAU Lanudsri dan dua personel staf Lanudsri. Selama satu tahun ini telah dilaksanakan oleh staf Senkom dan enam bulan ini oleh staf Ruops. Sehingga selanjutnya terhitung mulai tanggal 1 September, akan di gilir untuk dua bulan sekali. Mohon perhatiannya dan kebijaksanaan dari para Perwira,” kata Andi.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com