Hal-hal sederhana yang sebenarnya kamu tidak boleh lakukan saat liburan di pantai

Gitta Waloni
Penulis Gitta Waloni



ZONAUTARA.com – Liburan merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan dan dapat memberi manfaat positif bagi kehidupan, baik itu pikiran, perasaan, dan jiwa kita.

Efek dari liburan bisa mengembalikan kembali energi yang hilang akibat pekerjaan yang berat, mengembalikan kembali mood dalam diri kamu yang sudah banyak diperhadapkan dengan situasi tegang dan stres dalam bekerja.

Tentunya ada berbagai pilihan kegiatan yang bisa kamu lakukan saat liburan, baik pergi naik gunung, ke kebun, ke pantai dan berbagai hal lainnya yang dapat kita lakukan.

Tapi tahukah kamu saat pergi liburan sebenarnya ada hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan, khususnya bagi kamu yang sering memilih liburan di pantai.

Beberapa hal ini memang terdengar sederhana dan biasa saja tapi pada kenyataannya hal inilah yang tidak boleh dilakukan. Berikut ini kami sajikan beberapa hal yang sebenarnya kamu tidak boleh lakukan saat liburan di pantai.

Membuang sampah sembarangan

Hal pertama adalah kesadaran untuk tidak sembarangan membuang sampah. Sebagai orang Indonesia yang selama ini sudah dicap buruk terkait kebiasaan membuang sampah sembarangan, ada baiknya kita mengambil peran untuk memperbaiki image buruk ini.

Jangan meninggalkan apapun kecuali kenangan indah. Apalagi sampah.

Merokok

Awas! Jangan merokok sembarangan di pantai. Tidak hanya soal asap rokok tapi debu rokok yang bisa tersapu angin dan masuk ke mata.

Sebaiknya ketika merokok kamu mengambil posisi yang baik dan tidak merugikan para pengunjung lain yang ada di sekitaran pantai. Jangan lupa selesai merokok buang puntungnya ke tempat sampah, bukan ditanam dalam pasir yah!

Saat berlarian di atas pasir

Ini juga terdengar biasa atau sederhana, tapi bisa berdampak buruk juga bagi orang lain. Karena saat kamu berlarian dan angin di pantai lagi sepoi-sepoi hal ini dapat membuat pasir terbawa angin dan mengenai pengunjung sekitar.

Pastikan saja jika kamu memilih ingin berlari di pantai carilah di kondisi pasir yang basah atau jauh dari kerumunan pengunjung.

Saat kamu memberi makan hewan yang ada di pantai

Ada baiknya jangan sembarangan memberi makan hewan, baik burung, anjing, atau binatang jenis apapun saat sedang di pantai. Walaupun niatmu baik tapi siapa yang tahu jika tindakanmu itu bisa mengakibatkan kematian bagi hewan-hewan itu, karena makanannya bisa tercampur pasir.

Tidak perduli terhadap peraturan

Pentingnya kamu memperhatikan tanda-tanda larangan atau aturan yang dipasang di sekitaran area pantai. Ini memang bagi sebagian orang Indonesia adalah hal sepele tapi ini penting bagi kepentingan yang menyangkut keselamatan serta pelestarian area kawasan wisata.

Itulah beberapa hal-hal sederhana yang sebenarnya kamu tidak boleh lakukan saat liburan di pantai. Semoga bermanfaat yah!



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com