bar-merah

Belajar mengatur keuangan ketika berbisnis dengan mengetahui cara ini

ZONAUTARA.com – Siapa bilang mengurus bisnis merupakan hal yang mudah? Ada begitu banyak hal yang harus kamu ketahui dalam berbisnis, salah satunya adalah yang terkait dengan urusan mengatur keuangan.

Urusan mengatur keuangan ini adalah hal dasar yang harus diketahui baik ketika memulai bisnis maupun saat menjalankan bisnis yang sudah ada saat ini.

Penting bagi kamu untuk mengetahui hal ini, karena keberlanjutan bisnis dan masa depan dari bisnis kamu dapat terus berjalan jika secara keuangan kamu dapat memertanggungjawabkannya dan mengelolanya secara baik serta teratur.

Untuk itu di bawah ini kami sajikan bagi kamu cara untuk mengatur keuangan ketika berbisnis yang perlu kamu ketahui agar bisnis kamu tidak akan mengalami kerugian dari sisi keuangannya.

Membuat laporan keuangan tiap bulan

Pentingnya mencatat keuangan dari bisnis yang kamu kelola. Biasanya hal ini sering disebut dengan closing. Kamu perlu mengetahui bagaimana perkembangan bisnis mu selama sebulan ini baik dari sisi pendapatan dan pengeluaran.

Ini pun akan menjadi evaluasi bagi kamu hal-hal apa saja yang menjadi kekurangan dan harus segera kamu tutupi berbagai kebocoran tersebut.

Memisahkan uang dari hasil bisnis

Jangan sampai kamu pribadi melakukan sebuah kesalahan ini. Memang terlihat sederhana tapi saat kamu menggambungkan ke dua hal ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan keuangan bisnismmu.

Kamu pun akan sulit untuk mengetahui sumber pendapatan dan pengeluaran yang ada dari bisnismu.

Menghindari untuk berhutang demi usaha

Jika saat ini bisnis mu masih dalam kategori mikro atau kecil ada baiknya untuk tidak memikirkan meminjam uang di bank atau di manapun itu.

Jalani saja dulu melalui tahap demi tahap, dengan memiliki rencana dan kepengurusan keuangan yang matang nantinya kamu akan memiliki modal sendiri tanpa harus meminjamnya dari pihak lain.

Mengontrol arus kas usaha

Sering disebut cash flow adalah kegiatan dalam bisnis untuk melihat bagaimana kondisi keuangan bisnismu dalam suatu periode tertentu.

Arus kas sendiri dapat dilihat dari investasi tunai, pendapatan tunai, dan jumlah kas yang dikeluarkan selama kurun waktu bisnismu berjalan.

Menyisipkan dana untuk modal usaha

Pebisnis memiliki target dalam bisnisnya. Hal inilah yang membuatnya memikirkan untuk menyisipkan sebagian dana untuk modal usaha atau pengembangan bisnis yang ada.

Hal inilah yang perlu kamu ketahui, bagaimana seharusnya kita terus membuat bisnis ini dapat bertahan adalah dengan memikirkan pengembangannya dengan menyisipkan sebagian dana menjadi modal usaha selanjutnya.

Itulah beberapa cara buat kamu untuk pelajari dalam mengatur keuangan ketika berbisnis. Semoga bermanfaat yah!



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com