ZONAUTARA.com – Aktivitas mendaki gunung atau berpetualang di alam bebas semakin di gemari oleh berbagai kalangan. Dari anak muda hingga orang tua.

Berpetualang di alam bebas tidak semudah seperti yang kita bayangkan, diperlukan pengetahuan yang baik soal alam, dan tentunya perencanaan yang matang.

Keberhasilan suatu kegiatan di alam bebas juga di tentukan oleh perencanaan perlengkapan dan perbekalan.

Berikut 5 hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan peralatan dan perbekalan:

  1. Jenis medan yang akan dihadapi (hutan, rawa, tebing, dll).

    Mengetahui jenis medan yang akan kita lalui sangat penting, agar kita bisa mengantisipasi peralatan yang akan kita bawa.
    Kesalahan membawa peralatan akan sangat berpengaruh pada psikologis dan fisik kita ketika sedang berada di alam bebas.
    Untuk mencari tahu medan yang akan kita lalui, bisa dengan bertanya pada orang yang sudah pernah kesana atau dengan melihat peta lokasi tersebut.

  2. Tujuan perjalanan (penjelajahan, latihan, penelitian, kemanusiaan/SAR, dll).

    Apa tujuan kita melakukan perjalanan?, pertanyaan ini juga sangat membatu kita dalam merencanakan perbekalan atau peralatan yang harus kita bawa.
    Tentunya perjalanan latihan akan sangat berbeda dengan perjalanan ketika kita akan melakukan penjelajahan atau operasi kemanusiaan.

  3. Mengetahui lamanya perjalanan.

    Dengan mengetahui lamanya perjalanan, maka kita bisa merencanakan berapa banyak perbekalan yang akan kita bawa.
    Perbekalan yang berlebihan akan berpengaruh pada beban yang semakin berat, dan akan memperlambat perjalanan kita.Tips mendaki

  4. Mengetahui keterbatasan kemampuan fisik.

    Hal yang tak kalah penting dalam perencanaan adalah kondisi fisik. Kita harus mengetahui keterbatasan fisik yang kita miliki. Berapa banyak beban yang bisa kita bawa, seberapa sehat kita ketika akan melakukan perjalanan.
    Untuk melatih kondisi fisik, kita bisa bersepeda atau joging tiga kali dalam seminggu.

  5. Memperhatikan hal-hal khusus (obat-obatan tertentu, dan sebagainya).

    Point ke lima ini sangat penting, selain membawa medical kit, pastikan dalam perjalanan semua anggota tim membawa obat-obatan pribadi yang cocok atau sering digunakan.
    Itu dia lima hal yang harus diperhatikan ketika kita membuat perencanaan untuk melakukan perjalanan ke alam bebas. Semoga bermanfaat bagi zonatarian yang suka berpetualang.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com