bar-merah

Meningkatnya mobilitas masyarakat picu peningkatan kasus positif corona

Satgas Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Bakti Bawono Adisasmito.

ZONAUTARA.com – Meningkatnya mobilitas masyarakat yang tak disertai dengan kesadaran akan menjalankan protokol kesehatan menjadi pemicu peningkatan kasus positif corona di Indonesia.

Kasus positif corona secara nasional tercatat telah tujuh kali melampaui angka 3 ribuan kasus dalam sehari.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, lima di antaranya malah terjadi dalam lima hari terakhir secara berturut-turut.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, angka tersebut diperoleh akibat adanya peningkatan aktivitas masyarakat.

“Itu menunjukkan penularan yang meningkat karena kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan yang belum optimal,” kata Wiku, Minggu (06/09/2020).

Menurutnya, meski ada peningkatan kasus positif, pemerintah akan melakukan berbagai upaya untuk bisa membuat masyarakat tertib menjaga protokol kesehatan. Pelibatan aparat TNI-Polri hingga tokoh masyarakat atau tokoh agama akan semakin gencar mengkampanyekan protokol kesehatan.

“Ada berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah. Polisi melakukan penegakan disiplin berbasis komunitas, Satpol PP mengaktifkan penegakan kedisiplinan di fasilitas umum. Selain itu, Satgas menggerakkan tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam kampanye protokol kesehatan,” ujarnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com