ZONAUTARA.com – Kehidupan bagaikan dua sisi mata uang koin, ada baik dan buruk yang bisa kita temukan. Sama halnya dalam waktu saat ini, yang menurut kebanyakan orang memberikan begitu banyak kerugian baik dari segi waktu dan kebebasan.

Memang sulit, terkadang kamu mungkin bertanya-tanya kenapa situasi seperti ini datang. Tapi, bukankah kehidupan memang selalu memberikan kita kejutan-kejutan yang tak terduga.

Namun lain hal dari diri siapapun termasuk kamu yang menemukan banyak hal baik serta pelajaran hidup dari kejadian ini. Masa pandemi yang sudah berjalan selama kurang lebih 6 bulan ini, seharusnya membuat kamu kembali memilih melihat sisi baiknya yang bisa kamu dapatkan.

Untuk itu di bawah ini, kami membantu kamu agar bisa melihat sebenarnya hal baik apa atau pelajar berharga apa yang bisa kamu dapatkan selama masa pandemi yang tengah terjadi sekarang.

Kamu ternyata hanyalah manusia biasa

Dari masa pandemi ini manusia siapapun termasuk kamu pun di sadarkan kembali bahwa kita hanyalah manusia biasa. Kemampuan kita memprediksi berbagai hal di masa depan sungguh terbatas. Inilah yang akan mengajarkan kita untuk tetap rendah hati dan hidup sebaik-baiknya.

Kamu menyadari bahwa kesehatan merupakan hal yang mahal

Berapa banyak saat ini kita mulai rajin menerapkan pola hidup sehat dengan tetap pakai masker dan rajin mencuci tangan dan tetap menjaga kebersihan badan.

Hal inilah yang seharusnya membuat kita sadar bahwa kesehatan memanglah mahal, tidak bisa sembarangan untuk ini karena jika kita mulai acuh dan tak memperdulikan keselamatan jiwa kita maka hal buruk tentu akan menimpa.

Kamu mulai tahu untuk bersyukur

Masa pandemi mengajarkan kita untuk tahu bersyukur. Baik dari kesehatan dan apapun yang kita miliki ternyata semuanya hanyalah titipan. Pembelajaran ini haruslah kita sadari bersama, tidak ada satu manusiapun yang dapat memastikan bahwa semua yang ada padanya akan tetap ada seterusnya, termasuk keluarga.

Kamu menyadari bahwa hidup ini singkat

Hidup ini singkat, iya benar sekali. Dahulu mungkin kamu sering menyianyiakan kehidupanmu dengan melakukan hal-hal yang sebenarnya tak memberikan manfaat apa-apa. Tapi melalui pandemi ini, secara tidak langsung kamu pun menyadari betapa hidup mu haruslah memiliki manfaat dan dampak baik bagi orang-orang sekitar.

Kamu menyadari pentingnya memiliki dana simpanan

Tidak sedikit kerugian yang dialami dari masa pandemi ini. Banyak sektor bisnis dan usaha yang harus ditutupi sehingga ujungnya melakukan PHK secara besar-besaran pada karyawan.

Menyadari dari pandemi setelah mungkin kamu juga mengalami masa sulit seperti di atas, membuat kamu sadar pentingnya menyisipkan sedikit uangmu untuk masa depan atau hari-hari darurat ke depannya.

Kamu menyadari bahwa kamu butuh Tuhan

Setiap manusia memang sama, baru menyadari kehadiran Tuhan ketika kita perhadapkan pada situasi yang sulit, seperti di masa pandemi yang ada saat ini. Namun lebih baik seperti ini bukan, kamu memilih mendekatkan diri pada Tuhan mu karena kamu menyadari betapa hidup sebenarnya bukanlah apa-apa tanpaNya.

Itulah beberapa pelajaran berharga selama masa pandemi yang bisa kamu dapatkan. Tidak perlu terlalu negatif dengan melihat apa yang terjadi saat ini, karena kehidupan yang sebenarnya adalah terus belajar dan menemukan hal baik dari setiap kejadian yang datang menerpa. Tetap semangat yah!




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id