ZONAUTARA.com – Ketika memulai untuk menjalin hubungan, hal yang harus kamu hindari adalah menjadi egois atau mementingkan diri sendiri. Memutuskan untuk menjalin hubungan berarti menandakan kamu siap untuk menjadi baik secara sikap hati dan pikiran-pikiranmu.

Tidak mudah memang. Tapi hal ini diperlukan. Alasannya, karena sebuah hubungan bukanlah tempat untuk coba-coba dan sebagai tempatmu bermain sesuka hatimu.

Kedewasaan dan pengertian yang baik akan membawa kamu mengerti hal ini. Tidak bisa pula kamu mendapatkannya pada hubungan yang dalam waktu singkat, pembelajaran untuk tidak menjadi egois dalam hubungan juga butuh waktu lama.

Untuk itu penting bagi kamu mengetahui kondisi hubunganmu saat ini, dengan melihat kembali apakah kamu masih sering melakukan hal-hal di berikut ini yang dikategorikan sebagai tindakan egois pada sebuah hubungan.

Saling menunggu

Iya, saling menunggu. Menunggu pasanganmu dulu untuk kasih kabar, mengirim pesan, atau menghubungi kamu dahulu intinya. Kamu merasa dirimu spesial dan menganggap dia harus terus mengutamakan dan mencarimu terlebih dahulu.

Padahal kamu lupa bahwa hubungan yang sehat adalah saling mencari dan mendukung. Inilah tipe hubungan kanak-kanak yang egois.

Saling menyalahkan

Kamu berada pada kondisi hubungan egois jika hal ini masih kamu lakukan. Saling menyalahkan satu dengan yang lain, tidak bisa menerima keadaan bahwa kalian mungkin telah, melakukan hal yang keliru tapi tak mau mengakuinya, dan malah mencari kambing hitam bahwa pasangan kalianlah yang mengakibatkan hal ini sampai terjadi.

Tidak mau mengalah

Dalam sebuah hubungan sikap untuk mengalah ini harus diperlukan karena dapat membantumu untuk menyelesaikan setiap masalah dengan baik-baik. Ingat, mengalah untuk menang.

Kamu tahu bahwa bukan siapa yang menjadi pemenang dan benar dalam hal ini, tapi ini tentang hubunganmu dan dia yang harus diselamatkan. Pada tahap ini pun kata maaf itu diperlukan tujuannya, agar bisa menjadi yang pertama dalam hal mendinginkan suasana dan hati yang lagi panas.

Cinta memang serumit ini. Sabar yah!

Tidak mau mendengar

Wah, kalau ini sudah bahaya juga sih. Maunya kamu yang dengerin dia terus atau malah sebaliknya, sampai akhirnya hubunganmu terasa tidak seimbang dan tentu tak sehat.

Kamu mungkin begitu menyayanginya, tapi bukan berarti dengan sifatnya yang hanya ingin didengar tapi tidak mau mendengar menjadi alasan untukmu tetap melakukan ini.

Ingat, saling mendengar dan menerima pendapat satu dengan lain itu hal yang harus kamu terapkan kembali. Jangan terus ingin didengar dan jangan juga sebaliknya. Sama-sama punya kuping, sama-sama harus saling mendengarkan.

Tidak tahu menghargai

Paling ekstrim ketika dia tidak bisa menghargai usahamu, pengorbananmu, dan apapun yang sudah kamu relakan demi hanya untuk bersamanya dan membuat dia bahagia. Ini sudah tahap keterlaluan memang egoisnya. Atau kamu yang malah sebaliknya!

Etika saling menghargai dalam hubungan harus kamu junjung tinggi. Setiap apapun dari kehidupannya haruslah kamu hargai, sekecil apapun itu baik secara privasi maupun hal lainnya.

Tapi jika hal ini tidak kamu temukan dalam hubunganmu saat ini, segera bicarakan dengan pasanganmu dan ubah kembali cara kamu dalam menjalin hubungan.

Itulah beberapa hal yang terjadi dari pembuktian bahwa kamu sedang berada dalam kondisi hubungan yang egois bersama pasanganmu.

Semoga bermanfaat yah!




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id